Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Persiapan Sebelum Melakukan Public Speaking

Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan pentas public speaking agar ketika berada di depan banyak orang kita bisa berbicara dan tidak grogi.

Keberanian berbicara di depan umum merupakan hal utama yang sangat penting dalam public speaking. Seseorang akan sulit untuk berbicara di depan umum jika tidak memiliki keberanian.

Selain persiapan mental public speaking, persiapan materi presentasi public speaking, kita juga harus menyiapkan Persiapan Tampil Sebagai Public Speaker.

Orang akan menjadi sangat gugup dan berbicara terbata-bata hingga berkeringat dingin jika tidak memiliki keberanian dalam dirinya sendiri untuk berbicara di depan umum. Karenanya, dibutuhkan latihan dan persiapan sebelum melakukan public speaking.

Persiapan Sebelum Melakukan Public Speaking

Apa saja yang harus disiapkan Sebelum Melakukan Public Speaking adalah berikut ini :

1. Rileks
Pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal. Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah

2. Know The Room
Kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi pembicara

3. Know The Audience
Kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat Bicara, bukan lawan bicara.

Persiapan Sebelum Melakukan Public Speaking

4. Know The Material (Kuasai bahan yang akan dibawakan). 
Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin Percaya Diri

5. Susun pointer atau slide presentasi powerpoint untuk membantu mengingat materi
Gunakan bentuk slide yang eye catchy atau anda bisa membaca Cara Membuat Presentasi Yang Baik Logis Sistematis

6. Perhatikan tampilan busana, jangan sampai saltum atau salah kostum.
Pembicara harus menyesuaikan penampilan mereka untuk berbicara di depan umum. Seorang intelek tidak akan terlihat intelek jika pakaian yang digunakan olehnya tidak pantas dan tidak sesuai situasi dan kondisi yang terjadi.

Penampilan yang urakan juga akan membuat audiens tidak tertarik untuk memandangnya. Penampilan seorang pembicara harus rapi dan bersih serta memakai pakaian yang pantas agar layak untuk dipandang oleh audiens.

7. Lakukan gerakan tangan seperlunya saat berbicara.
Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda

8. Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan

9. Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam.

10. Tampillah Dengan Percaya Diri dan Be Yourself
Cara meningkatkan percaya diri bisa anda baca Cara Meningkatkan Percaya Diri di Depan Umum

Pembicara yang atraktif dan humoris lebih disukai oleh audiens. Audiens akan merasa bosan dengan presentasi yang monoton dan lama. Menyelipkan unsur humor akan lebih baik asalkan tidak berlebihan karena akan membantu menghilangkan kebosanan mereka dan memancing audiens untuk lebih memperhatikan presentasi si pembicara. Semoga Persiapan Sebelum Melakukan Public Speaking bisa bermanfaat!

Persiapan Sebelum Melakukan Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment