Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Cara Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif

Program pengembangan kepemimpinan yang sukses dimulai dari mensejajarkan pengembangan kepemimpinan itu dengan strategi perusahaan dan pemahaman akan tipe-tipe kepemimpinan yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan strategi tersebut.

Cara Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif

1. Mengambil Gaya Kepemimpinan yang Sesuai

Ada banyak teori kepemimpinan yang menyebutkan macam-macam gaya kepemimpinan. Pilihkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan psikologis dan budaya dalam sebuah organisasi.

Gunakan kedua informasi tersebut guna menemukan pro dan kontra. Jika ada konflik budaya yang mencolok, maka carilah kandidat yang lebih baik dan memiliki keahlian khusus untuk organisasi Anda.

2. Pilih Pemimpin Potensial

Pemimpin bisa ditemukan dari dalam perusahaan maupun dari luar. Organisasi harus bisa menimbang biaya serta waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan kepemimpinan internal terhadap biaya dan ketersediaan apabila hendak merekrut dari luar lingkungan perusahaan.

Survey membuktikan bahwa organisasi mampu meraih tingkat produktivitas yang dikehendaki 50 persen lebih cepat daripada kandidat dari luar.

3. Mendeteksi Celah-Celah dalam Kepemimpinan

Organisasi bisa menentukan hal-hal yang diperlukan dari pemimpin pada saat ini dan masa depan lalu membandingkannya dengan tim pemimpin yang ada pada saat ini.

Kemudian lihat alur pengembangan kepemimpinan dan deteksi celah dalam keahlian serta waktu yang akan dibutuhkan untuk mengisi celah tersebut, bisa melalui rencana suksesi jabatan atau rekrutmen.

Cara Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif
Cara Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif

4. Rencanakan Suksesi Jabatan Untuk Pos Penting

Perencanaan suksesi jabatan yang matang bisa menghindari gangguan serta trauma karyawan ketika CEO meninggalkan perusahaan, entah itu diperkirakan sebelumnya atau tidak. Tapi rencana suksesi tidak boleh terbatas pada peran eksekutif saja.

5. Mengembangkan Tujuan Akhir Perencanaan Karir

Menggabungkan pengembangan diri karyawan dengan perencanaan karir mandiri akan memampukan karyawan untuk menelusuri jalur karir potensial dan juga memilih aktivitas pengembangan mana saja yang diperlukan untuk meraihnya.

6. Memetakan Roadmap Pemimpin Masa Depan

Apabila karyawan yang berpotensi tinggi sudah dikenali, roadmap keahlian harus disiapkan untuk kepemimpinannya di masa depan.

7. Buat Program Retensi

Retensi kepemimpinan adalah hal yang sangat penting bagi organisasi, karena pergantian karyawan adalah hal yang mahal dan kinerja bisnis optimal ditentukan oleh para karyawan yang termotivasi.

Mengaitkan upah dengan tingkat kinerja adalah motivator yang baik bagi karyawan, tapi pensejajaran tujuan bisa membantu para pemimpin untuk bisa fokus pada hal-hal yang penting bagi perusahaan. Kenali dan hargai prestasi kerja yang baik, dan tingkatkan bonus berdasarkan kesuksesan dari karyawan itu sendiri dan juga perusahaan.

Ciri-Ciri Gaya Kepemimpinan yang Efektif

WA. Gerungan menjelaskan bahwa seorang pemimpin paling tidak harus memiliki tiga ciri, yaitu:

  1. Penglihatan Sosial : kemampuan untuk melihat dan mengerti gejala-gejala yang timbul dalam masyarakat sehari-hari. 
  2. Kecakapan Berfikir Abstrak : pemimpin harus mempunyai otak yang cerdas, intelegensi yang tingggi. Jadi seorang pemimpin harus dapat menganalisa dan mumutuskan adanya gejala yang terjadi dalam kelompoknya.
  3. Keseimbangan Emosi : orang yang mudah naik darah, membuat ribut menandakan emosinya belum mantap dan tidak memililki keseimbangan emosi. Orang yang demikian tidak bisa jadi pemimpin sebab seorang pemimpin harus mampu membuat suasana tenang dan senang.

Cara Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment