Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Teknik Dasar Belajar Public Speaking

Anda mungkin sudah memiliki prinsip-prinsip percakapan dasar yang baik, walaupun mungkin Anda tidak pernah mengucapkannya. Prinsip percakapan tersebut merupakan teknik dasar dalam belajar public speaking. Berikut ini kami rangkumkan sebuah teknik dasar bagi Anda yang ingin mempelajari public speaking lebih lanjut :

Tujuan menit-menit pertama sebuah percakapan dengan orang yang tidak dikenal adalah mencari tahu hal-hal batu orang tersebut; Menceritakan beberapa hal mengenai diri Anda; Mencari kesamaan diantara Anda berdua.

Kunci melakukan percakapan yang baik adalah ada semacam gerakan maju-mundur. Buat percakapan Anda tetap berlangsung diantara berdua.

Teknik Dasar Belajar Public Speaking

Variasikan jenis kontribusi Anda dalam percakapan dengan bergantian, antara lain: membuat pernyataan; mengajukan pertanyaan; memberikan sedikit informasi mengenai diri Anda; dan menanyakan sesuatu yang sifatnya bukan pribadi.

Untuk memulai, Anda bisa bertanya kepada lawan bicara Anda mengenai pekerjaan atau hobi atau bahkan menceritakan sedikit mengenai diri Anda. Jaga agar nada dan isi pembicaraan tetap ringan hingga Anda mendapatkan topik yang sama-sama diminati dan Anda ingin membahasnya lebih mendalam.

Gunakan kata “Anda” dengan jauh lebih sering dibandingkan kata “saya”. Bukan berarti Anda tidak boleh mengatakan “saya” sama sekali. Dalam percakapan yang timbal balik, Anda perlu membahas informasi yang diberikan oleh lawan bicara.

Di dalam kelompok, pancinglah percakapan sebanyak yang Anda bisa. Libatkan orang yang pendiam, dan beri “tongkat estafet” kepada mereka yang belum mendapatkan giliran bicara, upayakan hal yang menarik bagi semua.

Tunjukkan rasa tertarik, sikap bersahabat, riang, dan penuh selera humor, sopan, fleksibel, hormat, dan berpikiran tebuka.

Lihatlah wajah setiap orang dan tunjukkanlah ekspresi wajah yang menyenangkan, jika wajah Anda mau melakukannya untuk Anda. Jika Anda sedang tidak enak hati atau merasa enggan, tidak senang atau tidak nyaman, tahanlah perasaan tersebut untuk dipikirkan kembali nanti. Jika tidak, Anda bukan hanya keluar dari pembicaraan, tetapi pasti akan rugi. Dan pada kesempatan berikutnya orang tersebut bertemu Anda, kemungkinan besar ia akan menghindari Anda.

Gunakan kata “kita”, “milik kita”, “diri kita” untuk membuat semacam kedekatan, perasaan berada dalam satu perahu.

Jika Anda malu atau terlalu khawatir, obat terbaik adalah dengan mendekati orang yang berdiri sendiri atau seseorang yang terlihat seolah ingin berbicara dengan Anda namun merasa enggan melakukannya.

Hindari berbicara ketika Anda sedang makan atau minum, kecuali Anda sangat lapar atau haus atau Anda sangat ahli dalam hal ini.

Jangan takut menunjukkan ketidaktahuan mengenai suatu topik, Anda bisa mengatakan “saya tidak terlalu mengetahui hal tersebut” jika memang tidak mengetahui topik tersebut.

Seorang pembicara yang baik menggunakan perincian, gambaran yang jelas, dan kata benda yang kaya.

Hindari penggunaan jargon, kata-kata panjang, atau slang kecuali Anda berada dalam sebuah diskusi bisnis.

Timbulkan perasaan bahwa Anda berdua ada pada gelombang yang sama. Bila perlu bumbui percakapan Anda dengan ungkapan singkat yang menunjukkan kedekatan; “saya ya seperti itu juga” misalnya.

Intinya adalah tata krama. Jadi inti dari teknik mendasar dalam belajar public speaking adalah tata krama, tanpa tata krama Anda tidak akan dihormati karena telah tidak mengganggap orang yang Anda ajak bicara. Tata krama adalah seni membuat orang merasa nyaman dengan orang yang kita ajak bicara. Siapapun yang paling sedikit membuat orang merasa tidak nyaman adalah orang yang paling baik di kelompok tersebut.

Untuk lengkapnya, silahkan Download aplikasi public speaking android disini! Dapatkan ebook public speaking langsung di hape anda

Teknik Dasar Belajar Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment