Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Jenis Diskusi dan Cara Menghidupkan Diskusi (2 of 2)

Diskusi merupakan sebuah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang bisa berupa ilmu/pengetahuan atau hanya sekedar sharing. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Tim Public Speaking telah memberikan penjelasan tentang jenis-jenis diskusi pada artikel sebelumnya, nah pada bagian kedua ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara seorang moderator atau pemandu diskusi maupun narasumber acara dalam menghidupkan dikusi yang sedang di ikutinya.


Cara Menghidupkan Diskusi

1. Pilih Topik Yang Melibatkan Semua Orang


Berusahalah sebisa mungkin untuk menghindari topik-topik yang menjadi keahlian beberapa tamu saja, karena jika tidak tamu-tamu akan diam saja. Mulailah lebih jauh membicarakan pertanyaan yang bisa memancing pendapat semua tamu.


2. Mintalah Pendapat


Jangan hanya memberikan pendapat Anda sendiri. Anda akan dikenang sebagai pembicara yang baik jika anda meminta pendapat orang lain.


3. Bantulah Orang yang Paling Pemalu di Dalam Kelompok


Ajaklah tamu di kanan dan kiri Anda untuk ikut serta dalam pembicaraan, khususnya bagi mereka yang tampaknya enggan untuk bergabung. Jika kelompok diskusi baik itu seminar atau pertemuan lain dan peserta tamunya terbagi ke dalam sayap kanan dan sayap kiri, dimana sayap kanan sangat antusias sekali dan sayap kiri tampak malu, cobalah berusaha membuat orang yang berada di sebelah sayap kiri terlihat, cobalah menganggukkan kepala kepada mereka sebagai tanda persetujuan terhadap apa yang Anda katakan.


Jenis Diskusi dan Cara Menghidupkan Diskusi


4. Jangan Memonopoli Percakapan


Bahaya besar dalam percakapan sehari-hari adalah adalah terlalu asyik sendiri sampai Anda memonopoli percakapan. Akibatnya justru fatal yaitu Anda tak akan dianggap sebagai seorang konversasionalis, tapi orang yang menyebalkan.


5. Jangan Menginterogasi Teman Anda


Lakukan percakapan dengan selalu mengingat prinsip bahwa Anda tidak sedang melakukan persiapan untuk menulis buku. Anda tidak perlu mencari tahu segala hal tentang orang yang Anda ajak bicara ataupun setiap detil pembicaraan yang dibicarakan.


6. Memancing Pendapat


Pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing pencapat sangat efektif untuk memulai percakapan dalam lingkungan sosial atau untuk memecahkan keheningan. Jumlah dan jenis pertanyaan itu tidak terbatas, Anda bisa menanyakan topik hangat yang ada di benak orang saat itu.

Jangan lupa perhatikan bentuk setting lingkungan tempat dimana diskusi terjadi. Demikian tips public speaking yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat.

Jenis Diskusi dan Cara Menghidupkan Diskusi (2 of 2) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment