Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

5 Cara Membuka Presentasi Agar Menarik Perhatian Audiens

5 Cara Membuka Presentasi Agar Menarik Perhatian Audiens bisa dilakukan pada menit-menit pertama pada saat presentasi atau pidato. Biasanya efektif pada 10 (sepuluh) menit pertama sesi presentasi, audience anda akan memperhatikan anda. Nah disinilah kesempatan anda merebut perhatian mereka agar presentasi anda terlihat menarik.

Hal ini sudah dikatakan oleh seorang kontributor majalah Forbes bernama Carmine Gallo yang mengatakan "Your Audience Will Tune Out After 10 Minutes," juga dari  Trisha Zimmerman di PGi News. mengatakan senada bahwa "The human brain is only wired to pay attention for about 10 minutes at a time,"

Pada saat memasuki menit ke-10 inilah sebagian audiens mulai melirik jam tangan, sebagian lagi mengantuk, dan sisanya berpikir kapan presentasi akan selesai. Presenter yang baik akan memanfaatkan 10 menit pertama itu untuk meraih perhatian dan kepercayaan audiens.

5 Cara Membuka Presentasi Agar Menarik Perhatian Audiens

Ini artinya, saat presentasi, kita harus fokus pada bagian awal atau pembukaan presentasi! Maka, bukalah presentasi dengan baik. Caranya, buka presentasi Anda dengan bersahabat dan hangat dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Kontak Mata.

Sapukan pandangan Anda ke seluruh audiens. Ya, seluruh audiens, depan, tengah, belakang, kiri, kanan, dekat, jauh... dengan tatapan ramah, hangat, bersahabat.

5 Cara Membuka Presentasi Agar Menarik Perhatian Audiens

2. Senyum.

Awali dengan senyum ketika Anda mulai tampil di depan audiens. Senyum bersahabat! Tulus pula!

3. Kenalkan Diri.

Sebutkan nama, jabatan (instansi). Perkenalan bisa dilewatkan jika sudah dikenalkan oleh pemandu acara (MC).

4. Sampaikan topik dan tujuan presentasi.

Ini agar audiens mendapatkan gambaran apa yang akan mereka dengarkan dan saksikan selama presentasi Anda. Sangat baik jika Anda pun menyebutkan waktu yang Anda butuhkan untuk presentasi dan bagaimana sesi tanya-jawab akan dilakukan: apakah selama presentasi berlangsung, tiap satu subtopik dibahas, atau waktu khusus di akhir presentasi.

5. Materi Pembuka.

Setelah itu, awali presentasi Anda dengan (pilih salah satu): cerita, humor, kutipan, data/fakta, atau pertanyaan.

>> Baca juga Tiga Struktur Presentasi yang Efektif Steve Jobs

Contoh Pembukaan Presentasi (Pelatihan Website):

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi Bapak dan Ibu yang saya hormati.. Saya Budi, pendiri dan pengelola website TipsPublicSpeaking.Net akan mempresentasikan teknik membuat website yang baik untuk kepentingan perusahaan, bisnis atau keperluan lainnya.

Presentasi ini akan saya lakukan sambil langsung online, saya harap Bapak dan Ibu bisa mengikuti presentasi ini sambil langsung praktik.

Bapak Ibu yang saya hormati, dalam presentasi ini tidak ada sesi tanya jawab khusus. Artinya, Bapak Ibu bisa langsung bertanya begitu ada hal yang kurang jelas atau kurang dimengerti, selama presentasi berlangsung.

5 Cara Membuka Presentasi Agar Menarik Perhatian Audiens Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment