Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Pengertian kepemimpinan adalah kemampuan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala sosial. Menurut Brown (1936), pemimpin tidak dapat dipisahkan dari kelompok, akan tetapi boleh dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan.

Sedangkan menurut Krech dan Crutchfield berpendapat bahwa definisi kepemimpinan adalah seseorang yang posisinya khusus dalam kelompok ia berperan sebagai agen primer dalam penentuan struktur kelompok, suasana kelompok, tujuan kelompok, ideologi kelompok, dan aktivitas kelompok.

Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan meng-handel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan sedikit friksi dan mengobarkan semangat kerja sama yang besar, kepemimpinan merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah.

Pemimpin adalah individu yang memiliki program/rencana dan bersama anggota kelompok bergerak untuk mencapai tujuan dengan cara yang pasti.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Muncul dua pertanyaan yang menjadi perdebatan mengenai pemimpin, apakah seorang pemimpin "dilahirkan" atau "dilatih"? Apakah efektivitas kepemimpinan seseorang dapat dialihkan dari satu organisasi ke organisasi yang lain oleh seorang pemimpin yang sama?

"Pemimpin itu dilahirkan” - Seseorang hanya akan menjadi pemimpin yang efektif karena dia dilahirkan dengan bakat-bakat kepemimpinannya. Tapi memang sih pemimpin itu kan harus dilahirkan. Kalau tidak ya mungkin pakai operasi bedah sesar -lah...bercanda hehe.

>> Download Makalah Kepemimpinan Pdf Gratis


“Pemimpin dibentuk dari hasil latihan” - Kepemimpinan seseorang dapat dibentuk dari hasil belajar dan berlatih. Caranya adalah dengan memberikan kesempatan luas kepada seseorang dalam menumbuh kembangkan efektivitas kepemimpinannya melalui berbagai pelatihan kepemimpinan.

Kepemimpinan yang Efektif

Menurut Sondang  di tahun 1994, menyatakan seseorang hanya akan memiliki kemampuan kepemimpinan yang efektif jika :
  1. Seseorang secara genetika telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan
  2. Bakat-bakat tersebut dipupuk dan dikembangkan melalui kesempatan untuk menduduki jabatan Kepemimpinannya ditopang oleh pengetahuan teoritikal yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan, baik yang bersifat umum maupun yang menyangkut teori kepemimpinan.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment