Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Peran Leadership Dalam Sebuah Manajemen

Pengertian leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu dan mencapai tujuan. Fungsi utama seorang pemimpin adalah menciptakan sebanyak mungkin pemimpin, BUKAN PENGIKUT.

Pada masa sekarang ini kepemimpinan adalah suatu keahlian dan pengetahuan (skill and knowledge), yang dalam implikasinya setiap orang bisa mempelajari ilmu kepemimpinan atau leadership dan bisa menjadi pemimpin, asalkan mereka mau belajar dan berlatih sehingga menjadi ahli dalam memimpin.

Peran Leadership Dalam Sebuah Manajemen
Peran Leadership Dalam Sebuah Manajemen

Apakah Leadership itu Sebuah Bakat?

Bakat adalah sebuah hal yang berbeda. Bakat akan berperan dalam mempercepat dan membuat kepemimpinan menjadi lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memiliki bakat.
Paragraf yang di quot diatas selama ini dibenarkan, banyak dianut, diiyakan, dan diterima sebagai sesuatu yang masuk akal. Kepemimpinan adalah suatu keahlian yang setiap orang bisa memilikinya, termasuk Anda!

Jika dikaitkan dengan manajemen, maka leadership menjadi sebuah kekuatan bagi seorang pemimpin untuk menggerakkan manajemen ke arah yang lebih baik atau sebaliknya tergantung sejauh mana pemahaman pemimpin manajemen memperlakukan orang disekitarnya.

Baca juga artikel kepemimpinan berikut ini :


Pemimpin yang baik menyadari bahwa mereka juga harus menjadi pengikut yang baik. Boleh dikatakan, pemimpin juga harus melapor kepada seseorang atau kelompok. Oleh sebab itu mereja juga harus menjadi pengikut yang baik.

Pengikut yang baik harus menghindari persaingan dengan pemimpin, bertindak dengan setia, dan menanggapi ide, nilai dan tingkah laku pemimpin secara konstruktif. Pemimpin adalah seseorang yang mau dipimpin. Pemimpin harus senantiasa memberi perhatian pada kesejahteraan anggotanya.

Sebagian pemimpin kadang-kadang mengikuti pengikutnya. Mereka melepaskan fungsi kepemimpinan ketika tindakan mereka hanya sekedar cerminan kehendak atau perilaku pengikutnya. Mereka tidak lagi menentukan arah yang seharusnya diikuti dan dilaksanakan.

Para pengikut mereka membuat penilaian yang salah bahwa tindakan pemimpin tersebut sebagai keputusan yang popular. Lambat laun para pengikut itu menyadari bahwa mereka mampu bekerja tanpa pemimpin.

Seorang pemimpin dituntut memiliki keaslian pemikiran yang luar biasa, dia harus kreatif dan dia harus memiliki kemampuan problem solving yang baik.

Tugas seorang pemimpin terutama adalah memecahkan masalah. Dan ia tidak bisa hanya berkutat dipemecahan yang tradisional. Ia harus senantiasa mengeluarkan ide-ide baru yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.

Ia harus selalu penuh inisiatif dan berkemampuan kreatif serta selalu berupaya maksimal menemukan hal-hal terbaru yang jauh lebih baik dan lebih bermanfaat. Demikian artikel tentang Peran Leadership Dalam Sebuah Manajemen, salam sukses!

Peran Leadership Dalam Sebuah Manajemen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment