Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

6 Cara Mengatasi Takut Berbicara Public Speaking

Cara berikut ini bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Jika anda tidak siap tampil maka anda akan merasakan kegugupan dan ini wajar. Yang terpenting adalah anda dapat mengendalikannya. Memang tidak mudah melakukannya akan tetapi anda bisa meminimalisir keadaan tersebut dengan terus berlatih berbicara dan malakukan beberapa teknik dalam mengembangkan diri.

Mudah-mudahan tips berikut ini akan dapat membantu anda dalam mengatasi ketakutan berbicara di depan umum.

1. Mendefinisikan Audiens Anda

Mendefinisikan audiens berarti mengubah cara Anda melihat audiens Anda. Alih-alih melihat mereka sebagai dosen yang mengevaluasi Anda, mungkin Anda dapat meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah semua sesama mahasiswa yang berada dalam antrian untuk menyajikan setelah Anda.

Atau menganggap mereka sebagai teman lama hilang yang Anda belum lihat selama 10 tahun. Dengan cara ini Anda dapat mempertahankan kontak mata yang mencoba untuk mengetahui mana Anda telah melihat dia sebelumnya.

Jangan mencoba untuk meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah bayi dalam popok. Hal ini sangat sulit untuk meyakinkan diri sendiri bahwa tidak ada seorang pun di sekitar ketika Anda benar-benar berbicara kepada mereka.

2. Gunakan Alat Bantu Visual

Gunakan sebuah presentasi PowerPoint Slide yang telah anda pelajari dan anda hafal di luar kepala anda. Setengah dari waktu mereka mendengarkan anda, mata mereka tidak akan tertuju pada Anda. Mereka akan membaca catatan dan slide Anda.

Ini akan membantu banyak karena Anda kemudian dapat berbicara dengan orang-orang yang tidak melihat Anda. Ketika mereka melihat Anda, Anda hanya mengubah fokus Anda kepada orang lain yang tidak melihat anda. Memberikan pidato kepada orang yang tidak melihat Anda selalu lebih mudah.

6 Cara Mengatasi Takut Berbicara Public Speaking
6 Cara Mengatasi Takut Berbicara Public Speaking

3. Melakukan Kesalahan Sengaja

Sengaja menjatuhkan catatan anda di lantai misalnya, dan sementara anda mengambil catatan anda, anda mengingatkan penonton bahwa presentasi akan lebih membingungkan setelah ini. Anda akan mendengar beberapa tawa dari lantai.

Idenya adalah untuk mendapatkan kontrol dari audiens Anda. Jika Anda dapat membuat mereka tertawa dan lebih interaktif dengan Anda, presentasi Anda akan memiliki itu merasa santai untuk itu yang akan membuatnya lebih mengesankan daripada yang lain.

4. Berbicara Kepada Satu Orang Pada Satu Waktu

Salah satu hal paling menakutkan tentang berbicara di depan umum adalah kerumunan. Hanya dengan melihat kerumunan, Semua dalam keheningan hanya untuk mendengar Anda berbicara, akan mengirimkan menggigil bawah tulang belakang Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu untuk berbicara dengan satu orang pada satu waktu.

Pilih salah satu anggota audiens Anda dan mendedikasikan seluruh presentasi Anda kepadanya. Ketika seseorang bertanya kepada Anda, hal ini akan mengubah fokus Anda untuk orang dan menjawab pertanyaan seperti jika Anda berdua berada di sebuah kedai kopi yang mengobrol. Bukankah itu cara yang paling santai untuk menangani kerumunan atau grup kelompok atau audiens?

5. Gunakan Pendapat Pribadi Anda

Ketika Anda berbicara atau memberikan presentasi, mencoba untuk memeras dalam beberapa pemikiran pribadi Anda tentang masalah. Tentu saja anda harus siap sejak awal. Yang akan membedakan presentasi Anda dari yang lain, dan ketika Anda melihat tampilan tertarik pada wajah audiens Anda, itu akan meningkatkan presentasi Anda ke tingkat baru lain, tingkat dimana Anda mulai bersenang-senang.

6. Bersenang-Senang Dengan Bereksperimen

Ini adalah tips yang paling penting dari semua. Bersenang-senang dengan kerumunan. Mencoba cara-cara baru untuk memberikan presentasi terbaik untuk audiens Anda. Mungkin bereksperimen dengan pendekatan baru yang lucu, atau berjalan di sekitar aula bukannya statis di panggung. Bersenang-senang dengan melakukan percobaan pada perilaku manusia dan Anda akan melihat bahwa berbicara di depan umum adalah tidak buruk untuk dilakukan.

Demikian 6 cara mengatasi takut berbicara public speaking semoga membantu anda mengatasi rasa takut anda dalam berbicara di depan umum. Smoga bermanfaat!

6 Cara Mengatasi Takut Berbicara Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment