Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Menghadapi Audiens Tidak Tertarik dengan Topik Anda

Inilah cara menghadapi audience yang tidak tertarik dengan topik anda - Kondisi ini sering dialami oleh dosen ketika melakukan public speaking atau menyampaikan mata kuliah kepada para mahasiswanya. Adakalanya seorang dosen harus menyampaikan topik yang kurang diminati oleh mahasiswa atau juga dialami oleh seorang trainer yang harus membawakan sebuah pelatihan di hadapan karyawan yang datang hanya karena diminta oleh boss.

Jika anda berada dalam kondisi tersebut, maka presentasi yang anda bawakan akan menjadi menantang dan memang tidak mudah menghadapi situasi seperti ini. Sekarang bagaimana cara menghadapi audiens yang tidak tertarik dengan topik yang dibawakan? Berikut ini adalah jawabnya:

Fokuslah kepada satu hal berikut “Start with Why  – Mulailah dengan Mengapa”

Jika dianalisis kembali, kita temukan bahwa banyak orang merasa tidak tertarik pada suatu topik karena mereka mereka tidak dapat melihat pentingnya topik yang anda bawakan, sehingga mereka tidak bisa merasakan bagaimana topik tersebut bisa membawa manfaat bagi diri mereka.

Menghadapi Audiens Tidak Tertarik dengan Topik Anda
Menghadapi Audiens Tidak Tertarik dengan Topik Anda

Akibat jika anda memaksa menyampaikan presentasi tanpa fokus kepada start with why maka jadinya orang tetap tidak akan termotivasi dan menganggap hal yang anda sampaikan tidak menarik.

Misalnya saja anda anda akan menyampaikan materi tentang teknik berpresentasi, jika audiens belum bisa melihat pentingnya menguasai ilmu presentasi (faktor why) maka anda akan menuai sia-sia dari presentasi anda jika anda langsung berbicara isi materi tentang tips, trik dan teknik berpresentasi.

Maka dari itu untuk menghadapi audiens yang tidak tertarik dengan topik yang anwa bawakan adalah dengan menggunakan rumus Start with Why, anda harus bisa menunjukkan kepada audiens akan pentingnya topik yang anda bawakan tersebut, juga bagaimana topik tersebut bisa membawa manfaat bagi mereka kedepannya atau apa yang terjadi jika mereka tidak menguasainya. Demikian semoga bermanfaat!

Menghadapi Audiens Tidak Tertarik dengan Topik Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment