Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Mendapatkan Leadership Skills dari Pekerjaan

Tahun baru, resolusi baru, semangat baru dan sekarang (7/1/2014) sudah tujuh hari kita lalui di tahun ini. Kira-kira hal baru apa saja yang bakal terjadi di tahun 2014? Presiden baru? Sudah pasti akan terjadi antara bulan Juli-Oktober tahun ini. Pacar baru? Boleh-boleh saja asalkan sudah beres dengan yang sebelumnya. Pekerjaan baru? Nah, seru nih! Dan memang saya jadikan topik pembahasan dalam tulisan kali ini.

Banyak alasan pindah kerja, tapi kalo boleh jujur faktor “U” alias uang memang paling dominan. Teramasuk di dalamnya alasan dengan judul yang berbeda tapi bermakna sama misalnya: mencari tantangan baru (baca:duit), atau menimba pengalaman dari tempat lain (baca: lagi-lagi duit).

Pilihan untuk pindah kerja adalah keputusan pribadi. Sah-sah saja asalkan dijalankan dengan alasan yang tepat. Dan saya tegaskan disini, UANG BUKAN ALASAN TEPAT UNTUK PINDAH KERJA, terlebih jika secara sadar atau tidak uang dijadikan satu-satunya alasan pindah kerja.. dan bekerja. Sungguh menyedihkan. Apakah Anda mau pindah kerja dengan bayaran lebih kecil dari gaji sekarang? Atau jika ditanyakan dalam bentuk berbeda: “Apakah Anda bersedia pindah tanpa mengetahui gaji yang akan Anda terima?” Bisa jadi dua pertanyaan ini terkesan aneh dan bodoh. Tapi jika jawaban Anda “tidak” untuk keduanya, bisa dipastikan urusan uang/duit/gaji masih mendominasi keputusan Anda pindah kerja. Sebelum saya dituduh sebagai penyebar ajaran sesat antiuang, mudah-mudahan Anda akan tuntas membaca tulisan ini dengan bersedia mengkaji argumen-argumen yang saya ajukan.

Everyone looks for shortcuts, but there are no shortcuts. Kelaziman pindah kerja semata karena uang akan berakibat buruk pada proses tumbuh kembang Anda sebagai pribadi dan profesional. Lebih mengkhawatirkan lagi, kelaziman ini sudah, masih, dan bisa jadi akan terus memicu orientasi jangka (sangat) pendek dengan mengorbankan pertimbangan jangka panjang pada organisasi, industri, dan ekonomi Indonesia. Nah, lho!

Kepemimpinan Diri Dalam Perspektif Pekerjaan
Kepemimpinan Diri Dalam Perspektif Pekerjaan
By 2020, there will be 56 % shortage of mind-level managerial roles in Indonesia – BCG (Boston Consulting Group) Report. Persentase ini bisa diartikan 56 persen manajer pada 2020 akan diisi oleh orang-orang dengan kecakapan dan kemampuan dibawah rata-rata. Persentase juga dimaknai bahwa 56 persen manajer pada 2020 akan diisi oleh profesional dengan nama belakang seperti Kumar, Smith, Kim atau Ching. Oh paspor mereka dipastikan ada gambar burung garudanya. Anda oke dengan kondisi ini ??

400.000 university graduates are unemployed in 2013. sungguh tragis melihat kekurangan calon-calon pemimpin pada berbagai level manajerial dengan kompeten leadership skills, sementara pada saat yang sama terdapat kurang lebih 400.000 sarjana menganggur pada 2013. Kajian BCG ini pernah diangkat dalam tulisan seorang Penulis dan Motivator bernama Rene Suhardono akan tetapi banyak komentar dan tanggapan yang masih jauh dari memadai bahkan untuk sekedar memulai forum diskusi yang konstruktif.

Money will complicate even the simplest matter. Masih banyak organisasi membajak profesional dari berbagai level tanpa mempertimbangkan kebutuhan untuk menumbuhkembangkan calon-calon pemimpin yang memiliki kompeten leadership skills dari dalam. Masih terlalu dominan pemimpin perusahaan yang sekedar melihat manusia sebagai sumber daya tanpa mempedulikan keharusan untuk memanusiakan manusia. Tidak heran uang menjadi satu-satunya bahan diskusi dalam interaksi organisasi dan individu.

Kembalikan fungsi uang sebagai alat, bukan tujuan. Jika Anda memilih pilihan kerja, pastikan bukan karena duit. Percayalah, tidak ada kata cukup untuk uang, dan kenaikan gaji yang tidak diimbangi peningkatan kemampuan hanya akan berujung pada kekecewaan. Mau pindah kerja? Silahkan saja. Focus in where you are going as much as what you are doing. When you leave your job, what will you have to show for it ?

Mendapatkan Leadership Skills dari Pekerjaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment