Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Memahami Pentingnya Leadership Skills

Kita mungkin pernah mendengar quote “Semakin tinggi tingkat kepemimpinan seseorang, semakin tinggi pula efektivitasnya”. Sering kali saya membuka sebuah pertemuan kepemimpinan dengan menjelaskan “Hukum Katup”. Hukup Katup ini membantu kita dalam memahami nilai sebuah kepemimpinan atau leadership. Saat kita memegang prinsip ini, kita akan melihat imbas yang sangat luar biasa pada setiap aspek kehidupan kita.

Kemampuan memimpin adalah katup yang menentukan tingkat efektivitas seseorang. Semakin rendah kemampuan seseorang dalam memimpin, maka akan semakin rendah pula tingkat efektivitasnya. Ambilkan contoh saja jika kepemipinan Anda bernilai 9, maka efektivitas Anda tidak lebih dari 8. Jika nilai leadership Anda bernilai 6, maka nilai efektivitas Anda tidak akan lebih dari 5. Apapun yang terjadi, kemampuan Anda memimpin akan selalu menentukan efektivitas Anda dan pengaruh yang akan terjadi pada organisasi yang Anda pimpin.

Memahami Pentingnya Leadership Skills
Memahami Pentingnya Leadership Skills

….beberapa waktu kemudian, semangat wirausaha dan ketertarikan mereka dalam dunia industri perfileman mendorong mereka membuka gedung pertunjukan di Glendale, sebuah kota yang berjarak sekitar 8 kilo meter dari timur laut Hollywood. Namun segala usaha dua bersaudara tersebut tidak berhasil dan membuat mereka mencari lagi peluang bisnis yang lebih menjanjikan.

Hingga pada tahun 1940 usaha yang berupa restoran yang didirikan mereka meraup laba yang menguntungkan, akhirnya mereka melebarkan sayap usahanya hingga ke kota lain. Di tahun 1948, mereka sadar bahwa sudah waktunya untuk membuat inovasi usaha restorannya. Pilihan menu dikurangi, kemasan yang beralih ke kertas, dan lainnya akhirnya mereka meraih lebih banyak kesuksesan.

Leadership skills dalam bisnis sangat diperlukan karena berpengaruh dalam perkembangan bisnis yang dilakukan. Bahkan ada yang mengatakan bahwasanya leadership skills atau kepemimpinan merupakan sebuah karakter utama yang diperlukan dalam bisnis. Hal ini tidak lain karena peran leadership skills berpengaruh terhadap jalannya bisnis dan juga kinerja karyawan.

Tidak setiap orang memiliki leadership yang baik. Namun ada pula orang yang sejak masih kecil sudah terlihat jiwa kepemimpinannya. Akhirnya seiring perkembangannya ia pun terbiasa mengatur dan membuat keputusan yang berpengaruh pada sekitarnya. Hal ini sangat memiliki peran penting dalam dunia bisnis. Dunia bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya bertemu masalah yang harus diselesaikan dengan berbagai risiko. Nah, disinilah peran penting seorang pemimpin akan membawa pengaruh.

Pada dasarnya seorang pemimpin akan memberikan pengaruh terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Artinya bagaimana pengaruh pemimpin perusahaan terhadap perusahaannya tersebut bisa dilihat bagaimana perkembangan perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya tersebut. Keberhasilan atau kegagalan bisnis perusahaan pasti akan berkaitan dengan pemimpin yang bersangkutan. Dengan demikian leadership skills dalam bisnis merupakan suatu hal yang harus diperhatikan karena perannya tidak bisa dianggap sebelah mata.

Memahami Pentingnya Leadership Skills Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. makasih! bermanfaat banget! tapi mungkin ga sih orang yang mengasah kemampuan leadership nya bisa lebih baik dari orang yang telah memiliki jiwa kepemimpinan sejak dulu!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang setiap orang memiliki kemampuan leadership sejak dulu, sejak dilahirkan....dan itulah manusia yg ditakdirkan tuhan memimpin dunia ini.

      Kita perlu membiasakan diri untuk menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin yg bisa menjadikan orang disekitarnya menjadi pemimpin. itulah pemimpin sejati

      Delete