Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

3 Tujuan Menguasai Public Speaking

Public speaking adalah sebuah hal penting yang akan menunjang karir dalam kehidupan kita. Dalam pekerjaan kita juga akan dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik atau yang biasa disebut dengan kemampuan public speaking.

Pentingkah Belajar Public Speaking ?

Manfaat public speaking tidak hanya dirasakan oleh orang yang sudah berumur saja. Pada masa anak-anak sampai remaja kita juga merasakan manfaat public speaking dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya seseorang yang cenderung tidak pandai menyampaikan maksud dan tujuannya melalui percakapan akan sangat tertinggal di dalam pergaulan, dan akan lebih terkesan sebagai seseorang yang pendiam, penyendiri, introvert, bahkan tidak sedikit yang dipandang dan dinilai sombong.

Disini kita bisa mengambil kesimpulan apa sih pentingnya belajar public speaking? Ya kebutuhan akan kemampuan public speaking saat ini tidak hanya terbatas pada profesi yang menyangkut bidang MC, host, presenter, news anchor dan nnouncer saja, ada begitu banyak profesi lain yang juga membutuhkan keterampilan ini.

Kenapa Harus Melatih Public Speaking

Untuk pengusaha atau kalangan yang berkecimpung di dunia entrepreneur sekali pun, belajar public speaking tentulah akan sangat bermanfaat.

Kemampuan public speaking dapat sangat berguna ketika dia diminta tampil di depan publik atau menyampaikan sebuah presentasi di depan relasi bisnisnya. Apalagi untuk mereka yang dimungkinkan untuk sering berada di depan media, seperti pekerjaan public relations misalnya, yang harus selalu keep in touch dengan para teman-teman media dalam kegiatan publikasi merk atau brand dari perusahaan tempatnya bekerja.

Intinya ilmu public speaking ini tidak hanya penting dipelajari oleh mereka yang memiliki cita-cita atau impian sebagai trainer atau motivator saja. Kenapa harus melatih public speaking? Karena setiap orang butuh dapat berbicara secara baik dan menyenangkan di hadapan orang lain yang sedang terlibat pembicaraan atau berurusan dengannya.

3 Tujuan Menguasai Public Speaking

Tujuan Menguasai Public Speaking

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menjumpai banyak sekali tujuan public speaking mulai dari meningkatkan percaya diri sampai dengan meningkatkan karir yang ditekuni seseorang. Berikut ini adalah tujuan menguasai public speaking secara umum :

1. Ingin Mengatasi Gugup di Depan Publik.

Bayangkan betapa memalukannya ketika kamu terlihat begitu nervous dan gemetar di hadapan audiens kamu sendiri?

Ketika kamu bahkan tidak bisa menguasai dirimu sendiri dengan baik, bagaimana kamu bisa meyakinkan orang-orang yang ada di hadapanmu, atau setidaknya bagaimana kamu bisa maksud dan tujuanmu tersampaikan dengan tepat sasaran?

Jelas saja, public speaking perlu dipelajari untuk seseorang yang memiliki kecenderungan untuk merasa gugup bila harus berbicara di hadapan orang lain.

2. Ingin Berpikir Jernih di Depan Audience

Masalah terbesar seseorang dalam public speaking adalah ketika mereka kehilangan ide, gagasan, atau poin-poin yang harus disampaikan. Contoh umumnya saja, kalian pasti tau stand up comedy dong ya?

Nah, mereka yang melakukan stand up comedy selalu punya materi yang harus mereka bawakan, tidak serta merta cuap-cuap tanpa materi.

Tidak jarang mereka pun harus berdiri berjam-jam di depan cermin untuk melatih materi dan gesture yang akan mereka bawakan di hadapan para penontonnya saat di atas panggung.

Lalu apa jadinya ketika mereka lupa materi mereka sendiri? Kemungkinan terburuknya adalah mereka kehilangan kata-kata di atas panggung, atau justru menyampaikan materi lain yang jelas tidak sesuai dengan materi mereka yang sebelumnya.

Tapi ketika mereka punya keahlian public speaking yang baik, mereka pasti bisa mengarahkan audience yang ada di hadapan mereka, tanpa perlu mempermalukan diri mereka sendiri. Mereka akan dapat berpikir jernih dan mencari cara untuk mengingat kembali materi stand up comedynya, atau membuat bagaimana caranya audince dapat tetap menikmati omongannya di atas panggung. Di sinilah, public speaking menjadi penting.

>> Baca juga artikel tentang cara mengendalikan audience agar menurut

3. Ingin Meningkatkan Percaya Diri dan Berkarisma di Depan Banyak Orang

Contoh nyatanya; Obama. Presiden kulit hitam pertama di Amerika itu punya kemampuan public speaking yang begitu baik, sehingga bahkan dia mampu meyakinkan calon pemilihnya yang tidak satu warna kulit dengannya, untuk bisa memilih dia sebagai pemimpin negara adidaya tersebut.

Apakah itu mudah? Tentu saja tidak, karena dulu kaum negro hanyalah budak dan selama puluhan tahun menerima perlakuan rasis dari orang-orang kulit putih di AS. Sekarang memang sudah tidak lagi, tapi berani menjadi seorang pemimpin di negara besar dan datang kalangan minoritas bukanlah hal yang sederhana.

Kalau itu mudah, tentu saja tidak hanya Obama yang akan berani maju mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi ribuan orang kulit hitam Amerika lainnya. Kepercayaan diri Obama sangat menguntungkan tujuannya sebagai presiden Amerika.

Dia tidak pernah menonjolkan bahwa dia adalah kaum minoritas, atau sisi di mana warna kulitnya adalah hal yang patut dijadikan perhitungan pemilih.

Mungkin sulit untuk menjadi sehebat Obama, tapi perlu digaris bawahi bahwa “kepercayaan diri” adalah hal yang dibutukan oleh manusia mana pun. Tidak terkecuali oleh kamu yang sedang membaca artikel ini. Demikian 3 Tujuan Menguasai Public Speaking, semoga bermanfaat!

3 Tujuan Menguasai Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment