Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Teknik Penyampaian Public Speaking

Teknik public speaking merupakan teknik dalam hal penyampaian materi public speaking maupun dalam penyampaiannya. Pada kesempatan kali ini tim admin Tips Public Speaking mengulas teknik penyampaian public speaking yang diambil dari diplomat senior Marty Notolegowo.

Teknik Penyampaian Materi Public Speaking

1. Pemahaman yang mendalam

Hal yang harus diutamakan dalam public speaking adalah menguasai persoalan secara rinci dan mendalam. Dengan demikian, setiap kalimat menjadi penting dan sangat sedikit, jika ada, kalimat yang berfungsi sebagai bunga-bunga semata. Pidato semacam ini membutuhkan persiapan yang baik. Ini tidak cocok untuk pidato spontan.

2. Pemilihan istilah yang tepat

Penggunaan istilah yang resmi dan presisi ini memungkinkan penyampaian pesan yang lebih efektif. Misalnya, penggunaan istilah ‘vicinity’ lebih presisi untuk menunjukkan lokasi yang dekat dalam hal jarak, dibandingkan istilah ‘close’ jika berbicara konfigurasi geografis bangsa-bangsa, misalnya.

Istilah ‘prolific’ lebih tepat jika membicarakan karakter seorang penulis yang sangat rajin menulis dibangdingkan ‘productive’, misalnya. Meski demikian, hal ini berpotensi menjadikan pidato ‘kering’ dan tidak mudah dipahami jika pendengarnya adalah orang awam.

3. Menuturkan cerita

Story telling memang efektif untuk menyampaikan gagasan besar. Hal ini menjadi favorit para pembicara publik yang berkarakter motivator seperti Barack Obama dan Anies Baswedan.

4. Improvisasi di tengah pidato

Improvisasi ini adalah tambahan yang menguatkan materi yang sudah atau akan disampaikannya. Cerita selipan seperti ini biasanya memuat materi yang baru saja terjadi atau terjadi ketika forum berlangsung sehingga tidak ada dalam naskah pidato tetapi erat kaitannya dengan isi pidato.

Hal ini juga baik untuk memberikan sentuhan personal dan keterikatan emosi dengan pendengar. Di saat seperti inilah umumnya pembicara publik bisa lebih leluasa berinteraksi karena jika hanya membaca maka suasananya akan terlalu formal dan kaku, minim interaksi personal.

Teknik Penyampaian Public Speaking

5. Menghargai lawan atau rekan bicara

Kepada moderator, penghargaan itu bisa berupa terima kasih yang tulus. Agar tidak generik, maka terima kasih itu bisa diberi sentuhan personal, misalnya menceritakan secara singkat interaksi personal yang pernah terjadi dengan moderator atau menyampaikan prestasi moderator dan mengajak penonton utuk memberi penghargaan, misalnya berupa tepuk tangan.

6. Intermezzo

Intermezzo adalah sebuah kata yang mengandung arti gurauan, tawa, canda. Tentu saja itu disampaikan dengan bahasa tubuh berkelakar. Bagi saya intermezzo ini penting dalam public speaking.

7. Diplomatis

Memang tidak semua orang suka dengan gaya bicara diplomatis dan itu tidak selalu bagus karena pendapat yang diplomatis bisa terkesan abu-abu dan tidak tegas.

8. Berbicara terstruktur dan lancar

berbicaralah lancar dan terstruktur. Jika ingin mengangkat sebuah topik, cobalah mempelajari pengetahuan yang dalam dan lengkap.

9. Santun, tidak menggurui

Tinggalkan kesan meninggikan diri. Hal ini ditunjukkan lebih banyak dengan bahasa tubuh, misalnya, senyum yang disertai aksi mencondongkan badan saat berterima kasih kepada moderator atau pengundang.

10. Positif

Seseorang yang mempunyai sikap positif dapat mengubah kepribadian yang membosankan menjadi kepribadian yang menarik. Sikap positif dapat membuat orang cantik menjadi dua kali lebih cantik.
Sikap positif dapat menarik perhatian kepada ciri-ciri istimewa dalam suatu kepribadian yang biasanya tidak menonjol.

Sikap positif banyak dibicarakan dikalangan motivator untuk memotivasi dan mengajak kepada semua untuk selalu berpikir optiomis. Memandang kedepan dengan keyakinan kita bisa, kita mampu dan kita bisa jika kita meyakini kita bisa.

Beberapa sikap positif tampaknya mencemerlangkan karakteristik- karakteristik kepribadian yang lain dan dalam proses ini citra keseluruhan orang yang bersangkutan menjadi lebih bersinar dan lebih menarik bagi orang lain.

Teknik penyampaian public speaking ini disarikan dari diplomat Indonesia. Baca juga tentang teknik public speaking.

Teknik Penyampaian Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment