Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Teori Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja

Teori Komunikasi efektif sangat penting bagi siapa saja termasuk manajer karena menyediakan saluran umum untuk proses manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan.

Definisi Komunikasi

Komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses yang dipergunakan oleh manusia untuk berbagi arti lewat pesan simbolik. Proses komunikasi penting bagi manajer karena hal ini membuat mereka dapat melaksanakan fungsi manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

Keterampilan komunikasi yang efektif dapat membuat manajer menggunakan berbagai bakat yang tersedia dalam dunia multibudaya dari organisasi untuk meningkatkan kinerja.

Kenyataan bahwa manajer banyak menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi. Jarang sekali kita menjumpai manajer sendirian di mejanya berpikir, membuat rencana, atau mempertimbangkan berbagai alternatif.

Manajemen yang efektif dapat dilihat dari seberapa besar pemahaman suatu manajemen terhadap empat ciri utama individu yaitu, persepsi, sikap, kepribadian, dan pembelajaran serta pengetahuan tentang hubungannya.

Teori Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja

Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja

Sebagai seorang pemimpin anda hendaknya bisa berkomunikasi kepada orang-orang disekitar anda dengan kalimat yang efektif dan efisien, tidak menggurui dan santun. Hal ini sangat penting karena anda menghadapi berbagai jenis individu yang memiliki sifat yang berbeda yang akan mempengaruhi organisasi yang anda pimpin.

Untuk mendapatkan komunikasi efektif untuk meningkatkan kinerja organisasi anda perlu menyadari beberapa kelemahan komunikasi yang bisa menyebabkan komunikasi kurang efektif berikut ini ;

1. Tingkatan Hierarki

Bila suatu organisasi tumbuh, strukturnya berkembang, akan menimbulkan berbagai masalah komunikasi. Karena berita harus melalui tingkatan (jenjang) tambahan, yang memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai tempat tujuan dan cenderung berkurang ketepatannya.

2. Wewenang Manajerial

Banyak atasan merasa bahwa mereka tidak dapat sepenuhnya menerima berbagai masalah, kondisi, atau hasil yang dapat membuat mereka tampak lemah. Sebaliknya, banyak bawahan menghindari situasi dimana mereka harus mengungkapkan informasi yang dapat membuat mereka dalam kedudukan yang tidak menguntungkan. Sebagai hasilnya ada kesenjangan antara atasan dan bawahan.

3. Spesialisasi

Cenderung memisahkan orang-orang, bahkan bila mereka bekerja saling berdekatan. Perbedaan fungsi, kepentingan dan istilah-istilah pekerjaan dapat membuat orang-orang merasa bahwa mereka hidup dalam dunia yang berbeda. Akibatnya dapat menghalangi perasaan memasyarakat, membuat sulit memahami, dan mendorong terjadinya kesalahan-kesalahan.

Sudah selayaknya menjadi pemimpin menjadi leader bagi organisasi yang tidak gila hormat. Bersikaplah biasa dan wajar sehingga orang-orang di sekitar anda merasa nyaman dengan anda. Bila kenyamanan dalam sebuah organisasi sudah di dapatkan semua orang maka organisasi akan maju karena meningkatkan kinerja. Semoga Teori Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja bermanfaat!

Teori Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment