Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Cara mengatasi gugup ketika sedang presentasi dijelaskan dalam Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi berikut ini.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang grogi saat presentasi. Padahal jika seseorang sedang ngbrol dengan teman dekat atau berdiskusi di tengah kelompoknya mereka sama sekali tidak pernah grogi, ataupun malah sangat percaya diri.

Setelah menyiapkan slide presentasi sebaik mungkin dan berlatih dengan rajin, pada saat tiba hari H presentasi saking groginya hingga materi yang akan dibawanya kontan hilang, keringat panas dingin, lidah sering keseleo, tangan dan kakipun menjadi gemetar.

>> Cara Mengatasi Grogi Saat Mangung Klik Disini
>> Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar Klik Disini
>> Cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Depan Umum

Kita mungkin juga pernah mengalami hal seperti itu ketika harus tampil berbicara di depan forum, termasuk prsentasi. Padahal jika disimak para audiens yang ada di depanya tidak akan menggigit pembicara.

Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Permasalahan yang timbul diatas terjadi karena berbagai faktor. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar seseorang terhindar dari rasa grogi saat presentasi. Namun diharapkan cara ini tidak hanya sekedar difahami namun harus dipraktekan dalam tataran praktis.

Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Untuk mengatasi grogi pada saat melakukan presentasi, ikuti Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi berikut ini :

1. Siapkan mental dan percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi.
Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulis atau menuju audiens untuk berdialog.

2. Konsentrasi dan tenang pada saat akan maju dan fokuskan pada pokok pikiran apa yang anda sampaikan, juga pada kata kuncinya.
Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan apa yang anda hafalkan, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju ada sedikit saja ada yang terlupa.

3. Kuasai materi presentasi powerpoint dengan sebaik mungkin.

4. Jadilah diri anda sendiri
Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.

5. Tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh audience 
Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda sampaikan, biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda sampaikan.

6. Ketika berjalan menuju panggung, usahakan lewat sebelah kiri audience
Ini akan menstimulasi otak kanan para pendengar sehingga lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan

7. Berdoa 
Nah, ini yang paling penting. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan presentasi anda berjalan sukses.

Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa berbicara di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan. Anda tidak akan dicela dan dijauhi hanya karena penampilan anda tidak sempurna saat di depan forum. Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.

Dan lebih penting lagi dari Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah. Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam menyampaikan pesan dan persiapan yang matang akan sangat membantu anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment