Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Yang Sukses

Cara Menjadi Pemimpin Yang Sukses adalah dengan menjadi pemimpin yang disegani. Cara menjadi pemimpin yang sukses merupakan bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Karena banyak hal yang harus dikuasai seorang pemimpin agar bisa melakukan tugasnya dengan baik, dan membimbing anak buahnya menjadi lebih baik.

Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menjadikan orang-orang yang dibawahinya menjadi pemimpin.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menjadi pemimpin yang sukses :

1. Perhatikan Visual Penampilan Anda

Kinerja Anda memanglah hal yang penting untuk kelangsungan karir Anda. Namun sebagai seorang pemimpin, urusan penampilan tentu harus menjadi perhatian Anda.

Mungkin Anda tidak perlu memakai setelan jas setiap hari untuk bekerja, namun setidaknya perhatian warna, kondisi, dan ukuran pakaian kerja yang Anda kenakan.

Perhatikan setiap lekukannya, apakah ada yang kusut atau terlipat. Ini akan menjadi contoh yang baik bagi anak buah Anda dalam menghargai totalitas.

2. Membuat Nyaman Orang Lain Untuk Berterus Terang

Kita sering melihat pemimpin yang terasa “seram” karena titel dan kekuasaan mereka. Nah, pemimpin yang sukses mampu mengalihkan perhatian terhadap diri mereka, dan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat.

Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Yang Sukses

Mereka jagoan dalam membuat orang lain nyaman untuk terus terang dan berbagi pandangan. Para pemimpin sukses justru mampu menciptakan suasana yang ramah dan akrab.

3. Sisakan Ruang Untuk Spontanitas Dalam Rencana Total

Dalam sebuah organisasi, rencana dan rancangan adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh siapapun. Apalagi bagi seorang pemimpin, rencana adalah senjata utama yang harus dibuat dan dipoles sedemikian rupa agar bisa menjadi kesuksesan bagi semua kru-nya.

Sebagai pemimpin yang disegani dan sukses, buat rencana Anda sedetil mungkin, karena tugas seorang pemimpin adalah membuat anak buahnya mengerti. Meski begitu, Anda tetap perlu memberi ruang untuk spontanitas, sehingga ketika keadaan di lapangan tidak sesuai dengan harapan Anda, semua dapat teratasi dengan tepat dan cepat.

4. Mendengar Sebelum Berbicara

Seni menjadi pemimpin yang hebat disegani adalah mau mendengarkan ide dan gagasan anak buahnya. Meskipun memiliki kuasa penuh dalam pengambilan keputusan, keterbukaan dalam mendengarkan anak buahnya akan dapat memberi sudut pandang baru yang berguna bagi rencana bersama.

Selain itu, sebelum menentukan keputusan, seorang pemimpin harus mampu menempatkan diri di posisi anak buahnya untuk melihat apakah keputusan tersebut bisa tepat untuk semua orang. Yang penting, jangan gegabah dan egois.

5. Atasi Masalah Tanpa Menunda

Pemimpin yang sukses segera mengatasi masalah langsung ke akarnya. Mereka tidak menunda-nunda masalah. Kalau ada masalah, mereka juga tidak kabur. Mereka tahu bahwa orang bisa maju bila melakukan hal yang orang lain tidak suka.

6. Banyak-Banyak Tersenyum

Saat rapat ataupun saat melakukan koordinasi dengan anak buah, seorang pemimpin yang sukses harus mampu mengalirkan energi positif agar semangat anak buah dapat terpompa.

Salah satu cara mengalirkan energi positif kepada anak buah adalah dengan tersenyum. Meskipun Anda pria, tersenyum pada anak buah tidak haram hukumnya.

Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Yang Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment