Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

10 Alasan Pentingnya Kontak Mata Dalam Public Speaking

10 Alasan Pentingnya Kontak Mata Dalam Public Speaking - Kontak mata dalam sebuah percakapan baik antara satu orang dengan orang yang lain maupun dalam sebuah seminar atau workshop memberikan isyarat kepada yang melihatnya tentang keadaan dari si pembicara.

Berani, takut, kuat, ataupun tidak percaya diri, semua akan terlihat saat kontak mata itu terjalin. Lalu apa sebenarnya yang membuat sebuah kontak mata penting bagi setiap kegiatan public speaking? Berikut ini penjelasannya.

10 Alasan Pentingnya Kontak Mata Dalam Public Speaking

1. Membantu Anda berkonsentrasi

Memfokuskan mata Anda akan membantu Anda dalam berkonsentrasi. Ketika Anda memperhatikan satu objek dan fokus padanya kemudian memandang objek lainnya dan fokus pada hal tersebut, maka apa yang Anda lihat akan dikirimkan langsung ke otak. Dan itu akan memperlambat terpecahnya konsentrasi yang Anda bangun.

2. Menjaga wibawa

Ketika dalam suatu kegiatan persentasi atau public speaking, Anda gagal untuk melakukan kontak mata dengan pendengar atau audiens Anda, Anda akan terlihat kurang ebrwibawa, kurang dipercaya dan kurang percaya diri.

3. Menarik perhatian

Bila Anda melihat sekitar pada mata mereka langsung, mereka akan senantiasa tahu bahwa itu panggilan dari Anda. Perhatian inilah yang akan membuat pendengar cenderung melihat Anda. Ketika mereka berhenti melihat Anda, mereka mulai berfikir tentang hal yang dan mereka akan berhenti mendengarkan Anda.

10 Alasan Pentingnya Kontak Mata Dalam Public Speaking

4. Meminta untuk didengar

Apa yang Anda lakukan saat persentasi di depan para audiens Anda, selain meminta untuk didengar sampai materi selesai disampaikan. Ketika Anda melihat seseorang tepat pada mata mereka, mereka akan cenderung melihat Anda dan lebih dari itu, yaitu mereka mendengarkan Anda. Dan lebih mungkin lagi mereka akan tertarik dan membeli produk yang Anda jual.

5. Membangun kepercayaan diri

Salah satu yang dapat menunjukkan dan membuktikan kesiapan serta kepercayaan diri Anda saat persentasi adalah tatapan mata Anda. Saat Anda berani menatap mata audiens Anda, dan saat itulah Anda telah yakin dengan kepercayaan diri Anda. Fokus ucapan ada pada pandangan yang Anda lakukan kepada sekitar Anda.

6. Menciptakan tindakan

Selanjutnya, setelah percaya diri itu terbentuk dalam diri Anda, itupun menyebabkan Anda bisa mengendalikan setiap emosi saat melakukan persentasi. Selanjutnya jelas, audiens akan merasa terpanggil untuk melakukan suatu tindakan, seperti mengajukan suatu penawaran atas apa yang sebelumnya dibicarakan.

7. Mengundang untuk terlibat

Ketika pendengar Anda melihat mata Anda mereka akan tahu apa yang ada dalam diri Anda, rasa percaya diri, berani sampai kekuatan untuk berdiri dan menatap seluruh audiens saat persentasi. Mereka akan terpanggil untuk ikut terlibat dalam setiap persentasi yang Anda lakukan, seperti sebuah tindakan sederhana yaitu mencatat apa yang Anda persentasikan. Mereka seolah enggan kehilangan fokus dalam memperhatikan persentasi dan ucapan Anda.

8. Mengajak menjadi lebih aktif

Akibatnya, pendengar akan berubah dari penerima pasif untuk menjadi seorang epserta yang aktif, seperti bertanya. Mereka tidak akan sungkan untuk mengajukan pertanyaan dan menunggu Anda memberikan jawaban yang mereka inginkan. Keaktifan inilah yang ditunggu dalam setiap persentasi. Jadi bukan hanya pemateri yang berbicara, tapi hampir semua peserta di ruangan akan ikut berbicara dan aktif terlibat.

9. Menanggapi sinyal audiens

Namun untuk mendapatkan dialog sukses tentunya Anda tidak bisa hanya meminta audiens mendengar dan memperhatikan Anda, tapi mereka juga ingin diperhatikan dan didengar ketika sedang menyampaikan ide atau pendapat. Maka dari itu, kontak mata akan membuat Anda mengetahui bagaimana audiens Anda ingin diperhatikan.

10. Menjadi pribadi kuat dan tenang

Akhirnya, ketika Anda melihat seseorang tepat di mata mereka selama tiga sampai lima detik, Anda akan secara alami memperlambat bicara Anda. Dan Anda akan memunculkan sikap berani dan tenang saat berbicara di depan bannyak orang. Karakter Anda yang kuat akan secara otomatis terbentuk saat Anda mampu mengendalikan setiap pandangan saat melakukan persentasi di depan bannyak orang.

10 Alasan Pentingnya Kontak Mata Dalam Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment