Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh

Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh - Belajar public speaking harus menggunakan teknik tertentu agar penguasaan terhadap public speaking bisa maksimal dan juga optimal.

Seiring berjalannya waktu, anda sebagai seorang yang berbicara di depan public tentu harus menggunakan bahasa tubuh untuk menunjang anda dalam membawakan public speaking. Nah untuk itu sejak dini anda harus melatih gesture dan body language anda saat menyampaikan sebuah presentasi atau bentuk public speaking lainnya.

Teknik apa saja yang harus dipelajari dalam public speaking? Kita simak dalam ulasan berikut ini:

Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh

1. Buka lengan anda.
Tingkatkan kepercayaan diri anda saat memberikan public speaking dengan membuka dada dan lengan anda sambil berdiri dengan postur yang tegak. Membuka lengan akan memberikan kesan welcome, posisi ini akan membuat anda untuk bernafas lebih baik dan sedikit demi sedikit anda akan merasa lebih rileks.

2. Senyum.
Berikan senyum hangat anda kepada audience agar pendengar anda merasa nyaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa senyum adalah bahasa tubuh terbaik untuk mendapatkan hati seseorang, siapapun.

3. Pandang mata audience anda.
Dalam melakukan public speaking, artinya anda sedang menyampaikan sebuah materi atau suatu informasi yang bernilai kepada audience anda. Untuk itu anda harus menatap audience anda karena mereka sedang memperhatikan informasi yang keluar dari bibir anda. Tidak usah merasa grogi ketika dipandangi banyak orang. Perlu diingat bahwa mereka tidak memandangi anda akan tetapi melihat nilai informasi yang anda sampaikan! Jadi tidak usah GR ya!

>> Klik disini, Tujuh Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

4. Tenang dan stabil, mulai dengan gerakan yang kecil.
Dengan cara ini, audience akan melihat anda sebagai orang yang percaya diri dan perlahan akan mulai percaya kepada informasi yang anda sampaikan.

Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh
Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh

5. Jalan mendekat ke audience.
Agar lebih berkesan dan bisa lebih dekat dengan audience, silahkan gerakkan kaki anda dan berjalanlah mendekat audience. Hal ini juga bisa dijadikan teknik presentasi dalam mengatasi rasa gugup.

6. Gunakan gerakan badan yang bervariasi.
Cari perhatian audience anda dengan menggunakan gesture yang bervariasi. Misalnya gerakan besar untuk poin-poin klimaks. Maka, latih gesture dari kepala, tangan dan jari anda.

7. Hanya gunakan gesture yg menunjukkan keterbukaan.
Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan selalu membuka tangan dan hindari memasukkan tangan kedalam saku atau menyilangkan tangan di dada yang menunjukkan sikap dingin anda.

8. Jawab bertanyaan dengan sedikit “pause”
Jawab pertanyaan dengan sedikit mengulur waktu ketika ada penanya bertanya kepada anda. Cobalah untuk tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut. Sedikit “pause” akan memberikan bumbu drama dan membangun interest audiens anda. Baru kemudian jawab to the point.

9. Mengangguk & mengangkat jempol
Bahasa tubuh yang satu ini menyatakan bahwa anda yakin dan setuju atas suatu hal dan membuat audience yakin dengan informasi anda, terkadang perlu menggunakan gesture yang positif seperti mengangguk dan mengangkat jempol.

10. Tunjuk diri sendiri ketika mengucap kalimat positif.
Gunakan kalimat positif ketika mengakhiri presentasi dan kangan sekali-kali mengucapkan permintaan maaf kepada audience anda. Anda bisa pelajari kenapa dalam presentasi tidak boleh minta maaf disini.

Semoga tips dan Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh ini dapat membantu anda menjadi lebih baik saat melakukan public speaking di depan umum.

Teknik Public Speaking Cara Menggunakan Bahasa Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment