Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens

Presentasi adalah suatu aktifitas yang coba dihindari oleh kebanyakan orang, tidak banyak yang mau melakukannya. Sehingga ketika anda mampu melakukannya dengan menarik, informatif dan menghibur maka jelas-jelas anda akan stand out of the crowds, anda akan tampak menonjol dibanding orang lain.

7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens - Teknik presentasi kali ini menyajikan bagaimana berpresentasi efektif dan meyakinkan orang lain akan produk atau gagasan anda akan sangat membantu dalam pencapaian karir anda.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan di dalam sebuah organisasi, kemampuan yang membuat seseorang bisa duduk di puncak kekuasaan tertinggi alias pimpinan adalah cara berkomunikasi atau public speaking yang bisa tertuang dalam media apapun salah satunya adalah presentasi.

Orang yang jago mengetik tercepat, laporan proyeknya paling rapi, atau yang paling jago menguasai Microsoft Excel, bukanlah apa-apa dalam sebuah organisasi. Anda melihat pentingnya public speaking disini?

Menguasai teknik berpresentasi merupakan jalur tercepat bagi anda untuk mencapai pemimpin organisasi. Kesempatan itu ada di tangan anda sekarang. Anda ingin mengambilnya? Jika anda mengatakan "YA" maka inilah saatnya untuk anda menyimak 7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens berikut:

1. Menentukan Topik dan Judul

Jika anda diundang seseorang atau lembaga untuk mengisi seminar atau sejenisnya maka tanyakan terlebih dahulu apa yang dibahas dalam seminar tersebut. Gunakan nama acara seminar tersebut menjadi topik anda.

Selain menggunakan cara tersebut, biasanya anda akan mendapatkan topik apa yang harus anda sampikan untuk mengisi seminar anda.

2. Tentukan poin-poin/pesan yang ingin anda sampaikan

Setelah menentukan topik, selanjutnya anda perlu mengumpulkan informasi entah itu dari internet atau buku tentang poin-poin utama / pesan yang ingin anda sampaikan. Di dalam presentasi, cara menstrukturkan kerangka adalah dengan menggunakan poin utama yang nantinya akan anda jabarkan dan beri penjelasan lebih lanjut.

Berikut saya berikan contoh kerangka presentasi:
Topik: Tips Efektif untuk Meningkatkan Pendapatan

Poin 1: Lebih disiplin pada diri sendiri
Poin 2: Bekerjalah lebih giat
Poin 3: Buat target pendapatan....dst
Batasi juga jumlah poin yang akan anda sampaikan, presentasi tentang “30 Tips Kepemimpinan” hanyalah akan membuat audiens menghitung mundur menanti saat-saat presentasi anda usai “20 tips lagi… 19 tips lagi… 18 tips lagi….”.

Di dalam pemilihan kata-kata untuk poin/pesan buatlah singkat (usahakan kurang dari 10 kata). Mengapa? Supaya pesan anda jelas dan mudah diingat.

3. Tentukan cara anda menyampaikan masing-masing pesan/poin

Kebanyakan presenter hanya menggunakan satu cara saja yaitu dengan menjelaskan / memberi definisi tentang poin tersebut. Padahal ada berbagai macam cara untuk menyampaikan pesan anda ke audiens, misalnya dengan menggunakan cerita, games atau video yang sesuai dengan pesan anda.

7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens

Cara yang paling baik dalam menyampaikan pesan adalah dengan menggunakan cerita. Mengapa? Karena cerita mampu menyentuh sisi emosi dari audiens, ini adalah hal yang sulit dilakukan oleh data, statistik dan grafik (kecuali grafik yang menunjukkan kenaikan gaji anda). Dengan bercerita pula anda bisa menyampaikan suatu pesan tanpa terkesan menggurui. Oleh karena itu, manfaatkanlah cerita dalam presentasi anda.

Anda bisa memvariasi cara anda menyampaikan pesan ke audiens, terutama untuk presentasi yang berdurasi cukup panjang (45 menit atau lebih). Hal ini akan membuat presentasi anda berjalan dengan dinamis, tidak membosankan dan mempu mengakomodasi gaya belajar audiens yang berbeda-beda.

4. Siapkan slide presentasi anda/Alat bantu presentasi

Yang dimaksud disini adalah alat bantu visual untuk audiens, supaya mereka lebih mudah menangkap poin pembelajaran dari presentasi anda dan ini biasanya berupa power point.

Kebanyakan yang terjadi adalah presenter menggunakannya sebagai alat bantu visual untuk diri mereka sendiri, meletakkan banyak sekali kata-kata untuk mereka baca tanpa mempedulikan bagaimana membosankannya hal tersebut ketika ditampilkan kepada audiens.

Buatlah presentasi anda lebih banyak visual dan bersifat simpel.
Simpel berarti yang perlu anda cantumkan ke slide hanyalah poin-poin presentasi anda saja. Jangan melakukan copy paste seluruh isi draft presentasi anda.

Visual artinya anda bisa menggunakan gambar untuk menguatkan pesan/poin yang anda sampaikan. Audiens lebih mudah mengingat sesuatu jika ada gambar yang anda tampilkan. Hanya saja pastikan bahwa gambar yang anda tampilkan berkorelasi dengan poin yang ada di slide tersebut.

5. Berlatihlah isi presentasi anda

Tujuan anda berlatih atau berdemo terhadap slide presentasi yang anda buat adalah agar anda membiasakan dengan isi presentasi dan alur presentasi yang anda sampaikan, bukan agar anda hafal isi presentasi.

Selainnitu anda juga bisa menggunakan notes yang disediakan oleh power point. Gunakanlah software presentasi Power Point 2013 atau LibreOffice 4.4 karena kedua software presentasi ini bisa menampilkan notes anda di komputer atau leptop sememtara audience yang melihat proyektor akan melihat slide biasa tanpa notes.

6. Lakukan persiapan hal-hal teknis untuk hari H

Pastikan slide presentasi yang sudah anda buat dikopikan ke dalam flashdisk dan taruh di dalam tas atau dompet yang biasa anda bawa bepergian. Hal ini untuk menyiasati ketika kebetulan anda ketinggalan laptop.

Selanjutnya datanglah ke tempat presentasi anda lebih awal dan cek segala sesuatunya. Apakah semua perlengkapan sudah tersedia? Apakah video dan sound bekerja dengan baik? Apakah file power point anda bisa dijalankan dengan sempurna? Ketika ada permasalahan atau ketidaksesuaian-pun anda masih akan mempunyai waktu untuk mengatasinya.

7. Show Time

Pasti bagi anda yang belum terbiasa hal ini normal ketika anda merasakan gugup berbicara di depan umum. Hadapilah dengan tenang dan yakinkanlah diri anda bahwa dengan segala persiapan yang sudah anda lakukan, anda pasti bisa.

Dalam hal yang paling sering dikeluhkan oleh audiens adalah penyampaian yang monoton. Kunci mengatasinya adalah menciptakan kontras dan interaksi. Kontras berarti ada kalanya anda berbicara dengan tempo yang cepat, ada juga dengan tempo lambat. Ada kalanya anda berbicara dengan antusias, ada juga saatnya anda berbicara dengan santai dan bersahabat. Bermanfaat? Share 7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens melalui Facebook, Twitter atau Google+

7 Cara Mudah Presentasi Yang Baik dan Memukau Audiens Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment