Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking

Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking merupakan teknik public speaking dalam mengatasi gugup atau grogi saat berbicara di depan umum atau public speaking.

Jika anda ketika presentasi atau berbicara depan orang banyak merasa deg-degan berdebar serasa jantungan, perut mulas, ketiak mulai basah dan keringat dingin mulai keluar itu artinya anda mengalami gejala demam panggung kategori gugup atau grogi.

Tidak usah khawatir dahulu karena hal itu memberi pertanda bahwa anda normal.Selamat ya! Rasa nervous/grogi/gugup adalah sesuatu yang normal, semua orang mengalaminya. Pembicara professional sekalipun tetap bisa merasa nervous.

Bagaimana cara mengatasi gugup/grogi/nervous dalam presentasi? 

Ada cara baru untuk mengatasi rasa nervous, tetapi pertama-tama anda harus memiliki mindset atau cara pandang yang benar tentang rasa nervous itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara pandang atau mindset yang harus anda miliki:

1. Rasa Nervous itu Baik untuk Anda

Gugup adalah sebuah perwujudan dari good strees, yang memberi pertanda bahwa anda mulai keluar dari zona nyaman. Kita semua butuh good stress untuk mendorong hidup menjadi lebih maju. Jika tidak pernah ada tantangan bukankah hidup malah akan terasa datar-datar saja?

Semua hal baik dalam hidup terjadi ketika anda merasa nervous berusaha keluar dari zona nyaman. Contohnya adalah rasa nervous ketika menyatakan perasaan pada gadis pujaan anda atau rasa nervous ketika anda harus memulai bisnis baru.

Rasa nervous juga akan mendorong anda untuk berlatih dan bersiap, dua hal yang mutlak diperlukan untuk keberhasilan presentasi. Misalkan saja tiba-tiba anda mendapat kabar bahwa Bapak Presiden akan datang ke perusahaan, dan anda diminta untuk memberikan kata sambutan. Kira-kira, bagaimana perasaan anda?

Pasti deg-degan dan nervous tidak karuan bukan? Pasti! apalagi yang datang adalah Bapak Presiden sendiri. Akan tetapi apa yang anda lakukan setelah itu?

Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking
Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking

Anda akan berlatih keras siang malam tanpa mengenal lelah. Kapanpun dan dimanapun anda selalu mengulang dan mempraktekkan isi pidato anda (sampai orang di sekitar anda protes dan akhirnya ikut hafal isi pidato anda).

Rasa nervous/gugup lah yang akan mendorong anda untuk persiapan ekstra tersebut, tanpa adanya rasa nervous anda tidak akan melakukannya.

Fokus Pada Apa yang Bisa Anda Berikan

Rasa nervous biasanya terjadi karena kita terlalu berfokus pada diri sendiri. Ketika akan berpresentasi, kita mulai bertanya-tanya:
  • Bagaimana jika nanti saya lupa
  • Bagaimana jika nanti ternyata saya membosankan
  • Bagaimana jika laptop saya meledak

Coba anda cermati, semua kekuatiran di atas terfokus pada kekuatiran akan diri sendiri. Akan tetapi, bukankah sebetulnya komponen yang paling penting dalam presentasi adalah audiens?

Audiens datang bukan untuk menghakimi atau melihat apa yang salah dan kurang dari presentasi anda. Mereka juga tidak datang sambil berharap supaya pembicaranya membosankan, membuat ngantuk dan jika perlu sering lupa-lupa akan materinya.

Audiens datang karena mereka ingin mendapatkan sesuatu, entah itu informasi, inspirasi ataupun hiburan. Jika itu adalah keinginan audiens, maka berikanlah pada mereka. Ubahlah fokus ke “Apa yang bisa saya berikan kepada audiens”… maka anda akan memiliki lebih sedikit waktu untuk kuatir akan diri sendiri.

Milikilah Growth Mindset

Growth mindset berarti bahwa anda memiliki cara pandang bahwa segala sesuatu adalah sebuah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Kebalikannya adalah fixed mindset, yang menganggap bahwa segala sesuatu adalah tetap dan permanen.

Jikalau dalam sebuah presentasi itu seseorang merasa nervous dan gagal memberikan performa yang terbaik maka:
  1. Seorang dengan fixed mindset akan menganggap bahwa pada dasarnya dia memang sudah begitu dan presentasi bukan merupakan bakatnya
  2. Seorang dengan growth mindset akan menganggap bahwa ini adalah sebuah proses pembelajaran untuk terus berkembang. Dia akan belajar dari pengalaman ini dan menjadikan presentasi berikutnya lebih baik
Jadi itu tadi mindset yang harus kita miliki dalam menghadapi rasa nervous. Dengan mindset ini maka anda akan bisa menerima rasa nervous, lebih berfokus pada audiens anda dan memandang tiap presentasi sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri. Demikian Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking, semoga bermanfaat!

Cara Baru Mengatasi Grogi Dalam Presentasi Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment