Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Cara Mudah Desain Slide Presentasi untuk Pemula

Cara Mudah Desain Slide Presentasi untuk Pemula - Slide presentasi power point merupakan kebutuhan pokok dalam setiap presentasi. Nah agar anda memahami bagaimana cara desain slide presentasi agar presentasi anda efektif kita simak penjelasan berikut ini:

LCD Proyektor
Jika anda sering mengikuti seminar atau lokakarya mungkin banyak narasumber yang mengantuk atau mungkin jenuh karena melihat slide presentasi yang disajikan penuh dengan tulisan yang membosankan?

Cara Mudah Desain Slide Presentasi untuk Pemula

Kondisi ini disebut “Death by Power Point” yaitu kondisi dimana audiens dibuat tersiksa dan mengantuk karena slide presentasi yang jadul, ruwet dan dipenuhi dengan sekian banyak teks. Terlebih lagi jika presentasi dibawakan oleh narasumbernya hanya dengan membacakan isi dari slide teks saja tanpa improvisasi.

Hindari untuk menggunakan desain slide presentasi yang menampilkan banyak teks untuk menghindari anda kelupaan sesuatu. Cara membuat presentasi yang menarik adalah dengan memberikan sedikit teks dan menggunakan lebih banyak visualisasi. Gunakan visualisasi berupa gambar atau animasi ketika berpindah slide maupun animasi gambar lainnya yang berada di dalam slide.
Desain slide presentasi yang utama yaitu simpel dan visual.

Gunakan Slide yang Simpel

Simpel disini memiliki arti bahwa dalam pemilihan tema slide presentasi menggunakan desain yang minimalis tetapi berkesan profesional. Slide diisi dengan hal-hal pokok yang bersifat penting. Menjadi simpel seringkali lebih sulit untuk dilakukan, karena anda harus benar-benar memilah manakah yang benar-benar penting.

Cara Mudah Desain Slide Presentasi untuk Pemula

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat slide presentasi anda lebih simpel:
  • Tampilkan hanya poin presentasi anda
  • Buatlah singkat
  • Satu pesan per-slide

Gunakan kekuatan visual

Sesuai dengan fungsi slide presentasi sebagai visual aids (alat bantu visual). Anda pun harus bisa memaksimalkan penggunaan visual / gambar di dalam slide yang anda gunakan.
  • Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menggunakan kekuatan visual:
  • Gunakan foto berkualitas
  • Gunakan gambar yang berkorelasi
  • Tidak semua slide harus bergambar
  • Dengan menerapkan dua prinsip utama ini (simpel dan visual), niscaya slide presentasi akan mampu membantu memperjelas pesan anda sekaligus memukau audiens.

Cara Mudah Desain Slide Presentasi untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment