Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video

24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video adalah ringkasan bagi anda dalam mendesain slide presentasi baik itu menggunakan presentasi power point maupun presentasi video.

Anda bisa menggunakan software presentasi slide misalnya Microsoft PowerPoint atau LibreOffice Impress dan jika menggunakan presentasi video anda bisa menggunakan Windows Movie Maker atau software video presentasi lainnya.

Keuntungan menggunakan video presentasi adalah variasi animasi yang lebih banyak. Anda bisa mengatur waktu presentasi melalui durasi video atau menghentikan video (pause) agar apa yang ditampilkan video presentasi sesuai dengan apa yang anda bicarakan.

24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video

Beberapa panduan penting ketika Anda membuat Slide Presentasi agar visual aid anda menarik audiens adalah sebagai berikut :
  1. Usahakan 1 slide untuk 1 gagasan utama, karena tujuan ABV adalah menyederhanakan data yang kompleks.
  2. Hilangkan teks, data, gambar dan perincian daftar/angka yang tidak berhubungan langsung dengan gagasan utama
  3. Dalam 1 slide, teks tidak lebih dari 6 kalimat dan kalimat tidak lebih dari 6 kata.
  4. Gunakan ukuran huruf 24 untuk teks, dan ukuran 40 untuk Judul.
  5. Gunakan bentuk huruf tanpa kait untuk memudahkan audiens membaca (misalnya: Arial, Verdana, dan Tahoma)
  6. Gunakan huruf besar dan kecil sekaligus, jangan besar semua. Hasil penelitian: huruf yg besar semua lebih susah atau tidak enak dibaca ketimbang yang gabungan keduanya.
  7. Gunakan kekontrasan warna yang sesuai, makin kontras, makin mudah terbaca. Mis: background putih, huruf hitam, biru tua, merah tua, dsb.
  8. Manfaatkan warna untuk mempertegas pesan:
  9. Warna tegas (biru, hitam, hijau & ungu) baik untuk gagasan utama.
  10. Latar belakang biru baik untuk presentasi bisnis: untuk suasana konservatif, tenang dan terpercaya.
    24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video
  11. Hijau cocok untuk latar belakang interaksi, kekaguman, pertumbuhan, kesejahteraan, kekayaan, kesantaian dan keseimbangan.
  12. Merah menergap perhatian dan menuntut tindakan. Merah untuk perasaan kuat, penderitaan, untung dan rugi. Merah dapat menyatakan keinginan besar, kehati-hatian, bahaya atau ketidakramahan. Hati-hati!
  13. Ungu: cocok sebagai warna latar belakang dan untuk penekanan. Ungu adalah warna kerajan,spiritualitas, visi, impian dan humor.
  14. Kuning sangat baik digunakan untuk teks yang berlatar belakang gelap. Kuning warna utnuk energi, tindakan, keceriaan, keinginan, optimisme, dan kehangatan. Tapi dalam survey, kuning adalah warna yang paling tidak popular di antara semua warna.
  15. Hitam: baik sekali untuk teks yang berlatar belakang putih atau warna cerah lainnya. Warna ini tegas, bersih, canggih dan tuntas.
  16. Putih: paling baik untuk warna teks dengan latarbelakang gelap. Jika anda menggunakan warna putih sebagai latar belakang, anda perlu menggunakan warna lain untuk membuat warna putih lebih hidup. Putih menyimbolkan sebuah sikap baik, kemurnian, kepolosan, kenetralan, kebijaksanaan, kesederhanaan.
  17. Nah, padukan warna anda sesuai dengan tujuan dan harapan audiens.
  18. Batasi warna teks maks. dua atau tiga warna. Menggunakan banyak warna menimbulkan efek kartun dan kekanak-kanakan.
  19. Hindari dominan warna kuning, orange, merah, pink. Menyakitkan mata.
  20. Teks warna gelap dan latar belakang warna putih/cerah jika anda tidak dapat mengatur pencahayaan (mis. Ruangan terlalu terang atau terlalu gelap).
  21. Pilih latar belakang yang tidak mengganggu dan tidak dominan.
  22. Judul slide: informative dan unik
  23. Tabel dan grafik: diberi judul (memudahkan audiens menghubungkan materi) dan formatnya variatif (kue pai, batang, garis, dsb)
  24. Transisi slide: gunakan sesuai tujuan (cepat/lambat), jangan terlalu banyak variasi, memudahkan pemahaman audiens ttg perubahan topic.
Baca juga Sepuluh Cara Membuka Presentasi Menarik Audiens agar audiens anda tertarik dengan presentasi anda. Semoga 24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video banyak membantu anda dalam mendesain slide presentasi.

24 Panduan Membuat Slide Presentasi PowerPoint Atau Video Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment