Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar

Sebelum menggunakan 5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar, materi pelajaran/perkuliahan anda harus sudah siap dan anda menguasai betul materi yang ingin anda sampaikan baik dalam bentuk slide powerpoint maupun alat bantu lainnya.

Berlatihlah presentasi sendiri di kamar tanpa menggunakan slide. Jadikan slide powerpoint yang ada hanya sebagai alat bantu, bukan sarana utama. Jika anda sudah mampu menyampaikan materi presentasi dengan bahasa sendiri tanpa mengikuti slide, maka diri anda sudah siap untuk tampil di depan para anak didik atau mahasiswa anda.

Ada pakar yang mengatakan bahwa perasaan grogi ini muncul karena melemahnya rasa percaya diri pada seseorang. Untuk itu anda harus meningkatkan percaya diri anda. Bagaimana caranya ? Silahkan baca cara meningkatkan percaya diri.

Perasaan grogi atau “nervous” kadang kala mengganggu kita disaat ingin melakukan sebuah presentasi. Baik itu presentasi di depan rekan kerja, audience, maupun para siswa jika profesi anda sebagai pengajar, hal ini akan membuat anda menyampaikan sesuatu yang tidak sesuai dengan materi anda.

5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar

Sebelum anda mulai mengajar, untuk meminimalisir atau mengatasi grogi anda pada saat mengajar, berikut ini ada 5 tips atau cara mengatasi grogi atau gugup :

1. Genggam Sebuah Benda di Tangan

Apa yang anda rasakan saat grogi? Dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, dan darah seolah mengalir lebih cepat. Pahami bahwa semua itu adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri anda.

5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar

Tidak ada yang salah pada energi itu. Ia perlu disalurkan secara positif. Ia semestinya menjadi bahan bakar yang mendorong presentasi anda lebih baik. Anda bisa menggunakan energi itu untuk memantapkan penampilan anda.

Salurkan rasa grogi itu, carilah benda yang bisa anda genggam, bisa spidol, penghapus. Benda-benda yang ada disekitar tempat presentasi. Karena dengan menggenggam benda, maka energi grogi akan berpindah ke benda itu.

>> Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi Klik Disini
>> Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung
>> Cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Depan Umum

2. Sandarkan Tangan Ke Meja

Jika anda tidak ada benda, maka carilah meja atau permukaan yang bisa untuk menyandarkan tangan anda. Perhatikan, meja ini yang menyentuh ke lantai. Mengapa harus ke lantai? agar anda bisa membayangkan bahwa, energi grogi pindah ke meja dan perlahan turun ke kaki meja dan menyatu ke lantai.

Coba saja, maka grogi anda akan berkurang. Selain meja, bisa ke dinding, sentuhkan telapak tangan anda ke permukaan dinding. Dengan bersikap seperti ini, tentunya membuat anda juga bisa bergerak, bukan monoton saja. Dan ini menambah perhatian dari anak didik anda.

3. Berpindahlah posisi berdiri

Jika anda harus presentasi, maka hindari anda terpaku di tempat pertama anda berdiri. Karena ketika anda berada alam posisi diam selama 15 menit, maka membuat audiens bosan dan mengalihkan perhatiannya dari presentasi anda.

Cobalah untuk bergerak ke kiri dan kenana, setiap anda berhenti berbicara. Dengan pergerakan tubuh, maka anak didik juga akan mengikuti gerakan tubuh anda dan menghilangkan kebosanan serta menaikkan perhatian mereka kepada anda.

4. Tatap mata anak didik Anda

Jika anda ingin mahasiswa atau anak didik anda perhatian kepada anda, maka tatap mata mereka, kunci matanya dan gerakkan dengan tubuh anda.

Biarkan mata itu bergerak kemanapun  mengikuti gerakan tubuh anda, jika anda berhasil mengkunci mata audiens maka, presentasi anda berhasil dan perhatian anak didik juga meningkat.

5.  Maksimalkan 3 menit sebelum mengajar

Jika langkah diatas adalah saat mengajar, maka langkah ke-5 adalah sebelum mengajar. Apa yang harus dilakukan, luangkan waktu 3 menit sebelum memulai mengajar. Tutup mata anda, dan bayangkan ruangan didalam saat anda mengajar, bayangkan anda presentasi dengan grogi, perhatikan saja bayangan itu. Kemudian stop gambaran itu, dan ubah menjadi gambar pikiran yang positif, dimana anda mampu mengajar dengan sempurna.

Lalu pergunakan teknik smart breathing, yaitu tarik napas…..(5 hitungan), tahan napas……(5 hitungan), lepas napas……(5 hitungan), dengan bernapas yang benar itu membuat rasa berdebar hilang dari diri anda.

Demikian 5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar, semoga dengan cara ini bisa membantu anda dalam mengajar anak didik anda tanpa rasa grogi. Jangan lupa dishare ke twitter, facebook atau google+ ya. Terimakasih!

5 Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment