Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Cara Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum

Secara umum, cara mengatasi grogi berbicara di depan umum dalam public speaking adalah dengan menguasai materi/tema pembicaraan disertai banyak latihan. Dengan menguasa materi, kita akan percaya diri dan terbiasa. Kita ingat bahwa Practise make perfect (latihan menjadikan sempurna). Sesuatu yang pada awalnya dirasakan sulit bila sudah biasa dikerjakan akan menjadi mudah.

Grogi berbicara di depan umum bisa saja terjadi dimana anda melakukan public speaking, untuk itu secara kondisional kami akan membagi kedalam beberapa cara berikut :
>> Cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung
>> Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi
>> Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar

Penyebab Grogi/Gugup

Penyebab kita grogi atau gugup atau istilahnya demam panggung adalah kurangnya pengalaman dan keberanian kita menepis perasaan.

Kita kadang kurang berani berlatih, apabila suatu saat ditunjuk untuk berbicara dalam acara kecil, misalnya, rapat tingkat RT, PKK, atau perkumpulan yang ruang lingkupnya di daerah sendiri.

Kadang kita masih melemparkan pada orang lain.. padahal hal itu kesempatan emas yang dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk mengembangkan ilmu dan belajar menentang ketakutan yang ada diri sendiri.

Masalah materi pembicaraan public speaking kadang jadi sumber mencari alasan untuk menghindar untuk tampil. “Saya tidak siap, takut, minder dan deg-degan serta grogi dilihat orang banyak,” kata mereka. Banyak deh alasan. Nah, kurangnya pengalaman tersebut menjadi penyebab utama grogi atau gugup di depan umum ini.

Cara Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum

Cara Mengatasi Gugup/Grogi di Depan Umum

Menurut Stephen D. Boyd, Ph.D, CSP, pakar public speaking yang menjadi Professor Emeritus of Speech Communication, College of Informatics, Northern Kentucky University, USA. Terdapat 6 cara mengatasi grogi atau gugup saat berbicara di depan umum yaitu :

1. Be prepared.
There is no substitute for preparation. Practice your speech, revise, and then practice again.
Menurut Boyd, cara pertama yaitu “melakukan persiapan”. Tidak ada pengganti untuk persiapan. Latihlah pidato Anda, revisi, dan latihan lagi!

2. Pick out friendly faces to speak to.
These pleasant expressions will inspire you and help you relax.
Tampilkan wajah ramah kepada audiens. Ekspresi menyenangkan ini akan memberi Anda inspirasi dan membuat Anda rileks (santai).

3. Think positive things about your content.
One of my favorite thoughts is, “This information will be helpful to this audience.” Repeat this statement to yourself several times before you speak.
Pikirkan hal positif tentang materi pidato Anda. Salah satu pemikiran favorit saya adalah “Informasi ini sangat membantu/bermanfaat bagi audiens”. Ulangi pernyataan tersebut beberapa kali sebelum Anda tampil.

4. Have a great opening line that you know will grab the attention of your audience.
Miliki/siapkan pembukaan pidato yang sekiranya bisa menarik perhatian audiens.

5. Pause before you begin to speak as you make eye contact with those friendly faces.
Jeda sebelum memulai pidato saat Anda membuat kontak mata atau menatap audiens dengan wajah bersahabat.

6. Include a personal experience early in your speech.
You are most comfortable relating a story.
Masukkan pengamalan pribadi di awal pembicaraan Anda. Anda akan merasa nyaman dengan cerita yang Anda sampaikan.

Demikian Cara Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum menurut Stephen Boyd. Yang paling penting adalah kita harus membiasakan diri dimulai dari hal-hal yang kecil dulu, misalnya kita tampil dalam setiap acara, ikut kumpul-kumpul, karena dengan begitu akan melatih keberanian kita nantinya. Jika kita sudah terbiasa tampil di depan umum, pasti kita akan kebal dengan grogi saat berbicara.

Cara Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment