Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung harus dilakukan dari internal diri anda sendiri. Grogi diatas panggung adalah hal yang umum dialami setiap orang. Sebelum seseorang menjadi pembicara handal pastilah pernah menjadi pembicara yang biasa-biasa saja.

Tanda-tanda anda mengalami grogi di atas panggung adalah tangan berkeingat, jantung berdetak lebih cepat, perasaan tidak tenang, rasa gelisah tinggi, ingin buang air terus-menerus, pipi merah dan lain sebagainya.

Nah… tim admin Tips Public Speaking akan berbagi tips cara mengatasi Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung agar kita benar-benar berani berbicara dengan tenang. Jangan sampai kita berbicara seperti dililit ular dan jangan sampai pendengar kecewa lalu meninggalkan acara sebelum selesai.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba,karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil ( Mario Teguh )

Cara Mengatasi Grogi di Depan Umum Klik Disini

Kunci utama mengatasi demam panggung atau grogi adalah PERCAYA DIRI. Bagaimana kita meningkatkan rasa percaya diri kita yang biasanya rentan naik turun sebelum naik panggung. Perlu diketahu bahwa pelajaran ini jangan dianggap semudah membalikkan tangan saja tapi anda perlu berlatih dengan disiplin.
  1. Persiapkan setiap detail dari apa yang akan kita lakukan di atas panggung. 
  2. Kita harus percaya diri dengan busana yang kita kenakan diatas pentas, oleh karena itu persiapkan matang-matang mengenai hal yang satu ini.
  3. Sebelum naik panggung lakukan peregangan otot-otot yang biasanya kaku dan dingin kalo lagi nervous.
  4. Jangan lupa tarik nafas panjang, hembuskan dan atur nafas dengan tempo yang teratur.
  5. Ketika diatas panggung lakukan semuanya layaknya latihan.
  6. Anggap semua audience adalah orang2 yang kamu kenal dan kamu bagian dari mereka.

Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung

Selain persiapan mental, persiapkan juga materi yang akan dibicarakan. Kita bisa membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi atau mengunggah di internet. Buat kerangka materi dengan menuliskan hal-hal penting/garis besar materi. Cari materi yang kita kuasai.

>> Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi Klik Disini
>> Cara Mengatasi Grogi Saat Mengajar Klik Disini
>> Cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Depan Umum
>> Cara Menghilangkan Grogi Saat Melakukan Presentasi

Pilih topik yang kita kuasai dan pernah mengalaminya. Hal ini akan penting guna improvisasi anda sendiri ketika berada di panggung nanti. Dan anda yakin bahwa kita tidak sendiri serta yakin akan bisa bicara, dan hal ini kita anggap sebagai pengalaman yang harus dijalani. Kalu gagal ini merupakan pembelajaran berharga bagi diri kita, selain itu anda yakin bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

Ketenangan dan tidak gelisah adalah modal utama public speaking. Konsentrasi pada satu hal. Jangan memikirkan hal-hal lain. Tarik napas dalam-dalam agar hati tenang. Dan tak kalah pentingnya adalah berdoa.

Bersikaplah rileks, rileks dapat kita ciptakan dengan cara humor ringan, cara ini akan mengendorkan pikiriran dan dapat menetralisrir pikiran sehingga anda tidak tegang. Selamat mencoba cara Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung, semoga bicara anda sukses! Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ya.. Terimakasih!

Mengatasi dan Menghilangkan Grogi di Atas Panggung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment