Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Definisi Gaya Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang-orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Kepemimpinan dapat terjadi dimana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang lain ke arah tercapainya suatu tujuan tertentu.

Gaya Kepemimpinan transformasional adalah kemampuan seorang pemimpin dalam bekerja dengan dan atau melalui orang lain untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang bermakna sesuai dengan target capaian yang telah ditetapkan.

Gaya Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan transaksional sangat memperhatikan nilai moral seperti kejujuran, keadilan, kesetiaan dan dan tanggung. Kepemimpinan ini membantu orang ke dalam kesepakatan yang jelas, tulus hati, dan memperhitungkan hak-hak serta kebutuhan orang lain.

Definisi Gaya Kepemimpinan Transformasional

Gaya kepemimpinan transformasional diantaranya yaitu :
  • Mampu mendorong pengikut untuk menyadari pentingnya hasil pekerjaan.
  • Mendorong pengikut untuk lebih mendahulukan kepentingan organisasi
  • Mendorong untuk mencapai kebutuhan yang lebih tinggi.

>> Baca juga definisi kepemimpinan menurut para ahli

Selain itu Gaya Kepemimpinan transformasional menurut Bernard M. Bass memiliki karakteristik yang membedakan dengan gaya kepemimpinan yang lainnya diantaranya yaitu :
  • Charisma : Memberikan visi dan misi yang masuk akal, menimbulkan kebanggaan, menimbulkan rasa hormat dan percaya.
  • Inspiration : Mengkomunikasikan harapan yang tinggi, menggunakan simbol untuk memfokuskan upaya, mengekspresikan tujuan penting dengan cara yang sederhana.
  • Intellectual stimulation : Meningkatkan intelegensi, rasionalitas, dan pemecahan masalah secara teliti.
  • Individualized consideration : Memberikan perhatian pribadi, melakukan pelatihan dan konsultasi kepada setiap bawahan secara individual.

Definisi Gaya Kepemimpinan Transformasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment