Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

16 Notes Cara Belajar Public Speaking Super Mudah

Kunci utama Belajar Public Speaking Mudah Cepat dan Otodidak secara online melalui website TipsPublicSpeaking.NET adalah ulet dan tekun. Kami secara berkala akan memberikan materi public speaking secara cuma-cuma kepada anda disini.

Public speaking skills merupakan keterampilan yang dapat dipelajari oleh siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Bidang Public Speaking ini sangat seru sekali ternyata dan akan lebih seru ketika sharing bersama peserta public speaking di kelas (bagi anda yang mengikuti sekolah public speaking).

Actually i’m learning by doing. I read a lot and share it in the class. Tetapi most of all saya tidak pernah belajar secara khusus untuk mengenal bidang ini,--ini adalah bukti public speaking bisa dipelajari.

Apa itu Public Speaking ?

Ada beberapa hal yang saya catat tentang Public Speaking. Semoga bisa memberikan pencerahan tentang apa itu Public Speaking melalui tulisan 16 Notes Cara Belajar Public Speaking Super Mudah berikut ini.
  1. Public Speaking sebenarnya adalah bagaimana cara kita memberikan informasi atau transfer ide kepada sejumlah orang. Tujuannya agar orang yang kita hadapi itu melakukan hal-hal yang kita inginkan. Persuasif? yes!
  2. Public Speaking itu bakat? No! Untuk bisa belajar tentang Public Speaking you don’t have to be talkative. There is no special talent needed. Intinya hanya mau latihan, latihan dan latihan saja supaya mahir.
  3. Keuntungan lain Public Speaking adalah kita bisa belajar menjadi pemimpin yang baik. How to give our idealism to other. Bagaimana mengajak orang-orang untuk mengikuti dan mengagumi kita.
  4. Untuk bisa menjadi seorang public speaker yang hebat tidak perlu penampilan yang wah. Walau penampilan termasuk unsur penting, tapi tidak perlu berdandan berlebihan. Pakailah pakaian yang membuat diri nyaman dan rapi. The best make up is your confident! Percaya dirilah!
  5. Yakinlah bahwa kita adalah pembicara yang hebat. Yakin kita menguasai materi yang akan disampaikan. Yakinlah bahwa semua orang yang hadir saat kita presentasi sangat menyukai kita. Jagalah mood dengan baik dan jadilah orang yang menyenangkan selama berbicara.
    Belajar Public Speaking Super Mudah
  6. Positive mindset is really needed when you speak in public. Jika awalnya kita merasa diri jelek dan membosankan pastilah selama sesi presentasi akan membosankan. You are what you think! Be friendly, confident, smart and you will find the way to be a good speaker.
  7. Teknik public speaking yang simpel adalah sikap eye contact, gesture, cara berbicara seperti intonasi, artikulasi, dan penyampaian serta penguasaan materi.
  8. Sampaikan materi dengan alur umum ke khusus. Latihan paling mudah adalah dengan mencoba perkenalan diri selama 1-5 menit. Ketika menyampaikan identitas diri, perkenalkan diri mulai dari hal umum seperti nama, pekerjaan lalu dilanjutkan ke hal khusus seperti hobi atau detil pekerjaan.
  9. Kuasailah materi dengan baik. Hafalkan poin-poin penting yang akan disampaikan. Sampaikan secara sistematis dengan gaya opening juga closing yang menarik. Opening yang menarik misalnya membuka presentasi dengan quote atau pertanyaan yang membuat orang ingin tahu lebih lanjut. Lalu menyampaikan materi dengan tenang dan jangan terburu-buru. Pakai rumus 5W+1H supaya lebih mudah. Supaya speaker bisa mengurai materi dengan lebih baik, singkat dan jelas.
  10. Ketika opening sudah baik biasanya speaker suka kesusahan untuk closing. Bahkan untuk menemukan akhir dari presentasi speaker pemula sering memutusnya dengan kalimat “okey itu saja presentasi saya … atau sekian dari saya…”. Well ga salah sih tapi itu terlalu standar hehe. Coba ditutup dengan menyimpulkan apa yang sudah disampaikan dipercantik dengan pertanyaan menarik, quote, ajakan dan kalimat penyemangat yang membuat audiens berpikir untuk menurut kepada kita.
  11. Karakter diri sangat penting dalam public speaking karena menjadi satu senjata untuk menarik perhatian audiens. Ada peserta kelas public speaking yang sadar karakternya keras tegas ala orang luar Jawa, dan ia menjadikan cara berbicaranya seperti motivator, berapi-api tapi tidak seperti orator demo yah. Ada juga peserta humoris dan ia suka menyelipkan humor di sela-sela presentasinya. Jadinya presentasi tidak monoton.
  12. Penting untuk melibatkan audiens walau hanya sekedar tatap mata yah 5-10 detik. Biar bagaimanapun audiens itu juga pengen diperhatikan dan ngeksis hehe. Minimal kita hapal beberapa nama mereka atau sudah mempelajari latar belakang mereka. Syukur-syukur ketika kita bisa menyapa mereka untuk terlibat sharing dalam presentasi.
  13. Perhatikan segmentasi audiens. Berbicara di depan audiens anak muda berbeda ketika bicara di hadapan pejabat atau warga biasa. Gunakan bahasa yang biasa dipakai oleh audiens. Misalnya semi formal ketika bicara dengan audiens muda, bahasa formal dengan pejabat atau pegawai kantor, atau bahasa sopan sehari-hari untuk warga biasa.
  14. Gesture saat berada di depan audiens juga penting diperhatikan. Sikap tubuh tegak dan santai. Jika gugup bisa menggerakan tangan selama bicara supaya tenang, atau menggunakan alat bantu seperti pulpen. Posisi jalan saat mau naik ke panggung jangan membungkuk atau menunduk. Public speaker adalah master of the show, so you have to be confident! Don’t be affraid.
  15. Stay fokus! Kurangi pikiran-pikiran di otak saat mau berbicara di depan audiens. Prioritaskan menguasai materi yang akan disampaikan. Jangan dulu berpikir apa tanggapan orang tentang penampilan kita nanti, just go! Kuasailah audiens dengan berbagai jenis audiens!
  16. Banyaklah membaca untuk memperbanyak perbendaharaan kata. Jangan sampai mengulang-ulang kata selama berbicara di hadapan audiens. Perluas wawasan sehingga memiliki banyak referensi dalam menyampaikan materi.

Hal yang paling penting dari semua itu adalah PERCAYA DIRI! Masalah suara itu teknis, bisa dilatih. Latihan vokal dasar sangat membantu. Tapi percaya diri itu penting sekali. Bagaimana orang mau tertarik kalau kita gak pede, bahkan ga friendly. Jadilah orang yang smart, friendly, share, care dan solutif.
You are the best public speaker ever if you know your character and confident enough to speak! Let’s learn together.

16 Notes Cara Belajar Public Speaking Super Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment