Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Empat Tips Leadership Menurut Jack Welch

Jack Welch seorang Gm di General Electric ini telah dipandang sebagai tokoh yang mempunyai kepemimpinan terbaik dalam bidang bisnis usaha yang dilakoninya.

Kampanyenya tentang seorang pemimpin itu harus mempunyai 4E, apa saja yaitu energy, energizing, edge, dan execute.

1. ENERGY
Leadership adalah pemimpin yang memiliki semangat dan energy yang tak pernah padam. Setiap saat, dalam keadaan apapun dia mampu menunjukkan energynya dalam bentuk tindakan. Jack Welch menggambarkan orang ini sebagai orang yang sangat mencintai semangat “go..go..go”.

Selalu ingin segera melakukan sesuatu segera. Tanpa diminta memiliki insiatif yang tinggi.
Proaktif adalah bagian dari sifat yang dimiliki oleh orang yang memiliki energy tinggi. Dia tidak menunggu orang akan menghampiri dan memberitahunya. Dia akan datang dan bertanya atau melakukan apa yang perlu dilakukan.

2. ENERGIZER
Adalah seseorang yang sangat memahami bagaimana membangkitkan semangat orang lain. Dia mampu menggambarkan tujuan dan visi dengan sangat mudah dan menarik, sehingga menciptakan keinginan siapapun yang mendengar untuk turut bergabung dan mewujudkan tujuan/visi tersebut.

Berada di dekatnya adalah seperti berada di sumber semangat yang menular dan tanpa habis apalagi berkurang. Dia memberikan inspirasi bagi orang lain untuk bertindak dan selalu memberikan yang terbaik bagi siapa saja.

Empat Tips Leadership Menurut Jack Welch

Seseorang yang sangat mudah dalam menghargai orang lain. Memberikan pujian dan penghargaan dengan tulus dan apa adanya kepada siapapun yang bekerja sama dalam menciptakan hasil. Tetapi diapun membuat pendirian dan memegang tanggung jawab penuh bila terjadi kesalahan atau kegagalan.

>> Teori kepemimpinan dalam organisasi klik disini

3. EDGE
Adalah seseorang yang memiliki tipe kompetitif. Yaitu berani dalam mengambil kepuutusan disaat genting dan mendesak. Mengambil resiko dan memegang tanggung jawab penuh atas segala keputusan yang diambil. Pemimpin ini adalah seseorang yang sangat berani mengambil resiko yang mana digambarkan sebagai keputusan mati-hidup.

Pemimpin ini memiliki fokus yang kuat akan tujuan. Dia bukan saja memenangkan dirinya tetapi juga memenangkan orang lain di sekitarnya.

4. EXECUTE
Adalah seseorang yang tahu dengan persis bahwa semua potensi dan dukungan akan sia-sia tanpa adanya tindakan nyata yang hasilnya bisa diukur. Dia sangat memahami kapan harus bertindak tanpa banyak memberikan alasan apalagi pembenaran.

Dia memahami perbedaan aktifitas dan produktifitas. Dimana aktifitas hanya menekankan pada tindakannya saja, sedangkan produktifitas adalah sebuah aktifitas yang menciptakan hasil. Setiap tindakan yang dilakukan adalah saat dimana semakin mendekatkan diri terhadap pencapaian tujuan.

Empat Tips Leadership Menurut Jack Welch Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment