Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

3 Kesalahan Umum Mendesain Slide Presentasi PowerPoint

3 Kesalahan Umum Mendesain Slide Presentasi PowerPoint. Ya paling tidak terdapat tiga kesalahan yang lazim kita lakukan dalam membuat desain slide presentasi PowerPoint untuk keperluan presentasi. Ketiga pantangan ini sering kita langgar.

Apa saja ketiga hal tersebut? Kita simak 3 Kesalahan Umum Mendesain Slide Presentasi PowerPoint berikut :
1. Terlalu banyak teks.
2. Huruf (teks) terlalu kecil.
3. Berisi teks yang akan kita katakan.

Akibatnya dari kesalahan diatas, slide powerpoint dan presentasi kita kurang atau bahkan tidak menarik sama sekali bagi audiens.

Ketiga kesalahan tersebut saling terkait. Kesalahan 2 dan 3 akibat dilakukannya kesalahan 1 atau kesalahan 1 dan 2 akibat dilakukannya kesalahan 3.

Slide PowerPoint adalah alat bantu visual dalam presentasi yang memudahkan transfer informasi dari anda kepada orang lain, bukan presentasi itu sendiri. Dalam teknik komunikasi public speaking, slide powerpoint itu sefungsi dengan catatan atau notes yang berisi pointers atau garis besar materi pembicaraan.

Nah, jika isi dari slide presentasi itu berisi semua teks yang akan kita sampaikan, biarkan saja audiens membaca sendiri, 'gak usah kita bacakan. Tul gak...?

3 Kesalahan Umum Mendesain Slide Presentasi PowerPoint

Membacakan tiap kata yang ada dalam slide (Reading Off Each Word) adalah kesalahan yang lazim dilakukan presenter, kecuali presenter berita televisi yang memang SEHARUSNYA membacakan semua teks (naskah berita) yang disediakan dalam teleprompter.

Presentasi yang baik, kata para ahli nih, bukan membacakan teks yang ada dalam slide, tapi menjelaskan atau menguraikannya. Yang kita katakan/ucapkan, sebaiknya berbeda dengan yang ditampilkan di slide. Kalau sama, itu artinya "membacakan" isi slide buat audiens --kecuali jika memang audiensnya tidak bisa baca.

Slide Presentasi PowerPoint yang Baik

Sebaiknya, slide powerpoint itu berisi pointer, kata kunci, sistematika, atau ringkasan materi presentasi. Idealnya satu slide hanya berisi TIGA POIN. Istilahnya, dalam teknik presentasi, adalah Rule of Three. Baca selengkapnya tentang Rule of Three

Dengan begitu, ukuran huruf (font size) pun bisa memenuhi ukuran ideal slide powerpoint, yakni minimal 30 poin, dan setiap slide memuat 3 hal inti saja karena otak manusia dalam sekali waktu idealnya mencerna 3 informasi yang berbeda.

3 Kesalahan Umum Mendesain Slide Presentasi PowerPoint Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment