Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Komunikasi Bisnis Adalah Cara Efektif Public Speaking

Komunikasi bisnis adalah cara efektif public speaking yang merupakan pertukaran gagasan, pendapat, informasi instruksi, dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam mempelajari public speaking secara efektif, kita tinjau pengertian komunikasi lebih dahulu. Dalam proses komunikasi, komunikator menyampaikan pesan dan komunikan memberikan umpan balik. Umpan balik ini dapat berisi hal yang positif sebagai tanda mengerti pesan yang disampaikan, atau hal yang negatif sebagai tanda salah mengerti, atau bertanya sebagai tanda tidak mengerti.

Public speaking merupakan bagian dari komunikasi. Jika umpan balik dalam proses komunikasi itu lebih bersifat positif, berarti penyampaian pesan komunikator telah efektif. Dalam melakukan public speaking tidak selalu ada kata sepakat namun selalu tercapai pengertian bersama (komunikan mengerti maksud komunikator dan sebaliknya, walau tidak setuju).

Komunikasi Bisnis Adalah Cara Efektif Public Speaking

Supaya tepat sasaran dalam melakukan public speaking, hal-hal berikut ini harus diperhatikan :

  1. Kenali latar belakang komunikan, baik budayanya, sukunya, pendidikannya, pekerjaannya, hobinya, status sosialnya, kepentingannya maupun hal-hal yang nampaknya tidak ada artinya.
  2. Hilangkan / dekatkan kesenjangan-kesenjangan dengan cara mengubah diri, ikuti "arus" namun tidak sampai "hanyut" dan akhirnya perlahan-lahan mempengaruhi "arus".
  3. Ciptakan suasana yang menunjang, tergantung pada komunikan yang kita hadapi, pada umumnya mereka senang dengan keramahan / keakraban dan keterbukaan yang tidak sampai tahap mencampuri urusan orang lain.
  4. Tentukan maksud dan tujuan pembicaraan kita; sekedar pengisi waktu / obrolan ringan, diskusi, brainstorming, informasi, negosiasi, atau mempengaruhi orang lain.
  5. Arahkan materi pembicaraan dan gunakan strategi sesuaidengan tujuan pembicaraan yang telah ditetapkan.
  6. Gunakan kata-kata yang tidak menimbulkan pengertian ganda agar tidak membingungkan.
  7. Gunakan logika berpikir. Cobalah untuk kritis, kreatif, kembangkan pola pikir yang logis, dan sistematis. Biasakan bertanya mengapa, bagaimana, seandainya, ...
  8. Evaluasi terus secara sadar.
Public speaking merupakan faktor yang penting bagi pencapaian tujuan seseorang maupun tingkat organisasi bisnis. Pengertian komunikasi bisnis bukanlah penggabungan dari dua pengertian komunikasi dan bisnis, melainkan merupakan proses komunikasi dalam kegiatan bisnis.

Guna mengimplementasikan komunikasi bisnis agar tercipta tujuan yang diinginkan, maka public speaking akan mengambil bagian penting dalam menyukseskan komunikasi binsis tersebut. Semoga artikel komunikasi bisnis adalah cara efektif public speaking ini bermanfaat!

Komunikasi Bisnis Adalah Cara Efektif Public Speaking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment