Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri

5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri ini bisa digunakan oleh siapa saja termasuk manajer, dosen, guru, mahasiswa, anak sekolah siapa saja. Meningkatkan percaya diri dilakukan seseorang jika orang tersebut merasa dirinya kurang percaya diri dalam sebuah hal.

Tidak percaya diri dapat diakibatkan banyak hal seperti merasa minder, malu dan yang paling tinggi penyebabnya adalah karena tidak terbiasa melakukan hal tertentu. Jika karena tidak terbiasa kenapa tidak dibiasakan?

Rasa percaya diri diri sebenarnya suatu yang tertanam dalam benak fikiran seseorang yang bisa mendorong orang tersebut tampil maksimal. Cara meningkatkan percaya diri ini beragam bagi setiap individu karena permasalahan yang tidak membuatnya percaya diri tersebut pasti setiap individu berbeda.

Oleh karena itu cara agar percaya diri sudah dijelaskan sebelumnya silahkan baca Cara Efektif Meningkatkan Percaya Diri dan juga Cara Meningkatkan Percaya Diri di Depan Umum.

Berikut adalah 5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri yang bisa membantu anda menjadi percaya diri

1. Lihat apa yang telah anda capai

Coba lihat pikirkan tentang hidup anda sejauh ini. Saya tahu bahwa tidak semua tentang cerah ceria, tapi saya juga yakin bahwa pasti ada keberhasilan yang bisa anda banggakan. Lakukan hal sederhana seperti berikut;
  • Buatlah 10 daftar keberhasilan. Mungkin anda bisa mulai dari hal yang paling besar sampai yang paling sederhana.
  • Buatlah menjadi sebuah presentasi yang sangat menarik, seolah-olah anda akan menampilkannya di hadapan sidang PBB.
  • Letakkan di tempat yang bisa anda lihat setiap saat. Yang kemudian kenangan itu akan membuat anda selalu kuat dan bangga pada diri anda sendiri,

5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri

2. Pikirkan kekuatan dan keistimewaan yang anda miliki.

Kali ini saya ingin mengajak anda untuk menikmati kekuatan yang anda miliki. Mungkin bagi beberapa orang hal ini cukup sulit dilakukan. Tetapi mungkin sudah waktunya anda melihat kekuatan diri.
Coba pikirkan dan ingat kembali tentang apa yang selama ini keluarga, sahabat dan orang lain katakana tentang kekuatan yang anda miliki. Tuliskan kembali dalam 10 daftar kekuatan yang membuat anda istimewa di mata orang lain. Bila anda belum menemukan 10 daftar, maka tanyakan pada orang di sekitar anda. Bila belum anda temukan 10 daftar maka jangan berhenti bertanya dan mencari.
Nikmati dan syukuri kekuatan yang Tuhan berikan padamu.

3. Pikirkan apa yang PENTING untuk anda dan kemana arah yang akan anda tuju.

Selanjutnya, pikirkan hal yang sangat penting bagi anda. Tanyakan pada diri anda apa sebenarnya yang ingin anda capai dalam hidup anda. Buatlah tujuan hidup yang jelas dan bisa terukur. Tujuan akan memberikan kekuatan. Pikirkan dengan siapa anda bisa mencapainya. Dukungan apa yang anda butuhkan. Sikap apa yang harus kamu miliki untuk bisa mencapainya.

Saat anda sibuk berpikir tentang hal yang penting dan tujuan hidup anda, maka anda akan sibuk bertindak dan tidak akan punya waktu untuk melamun dan mengasihani diri sendiri.

4. Ambil Resiko

“Percaya diri adalah sesuatu yang lucu. Kamu bertindak melakukan sesuatu hal yang sangat kamu takutkan dan kemudian baru muncul rasa percaya diri itu”. ~Christopher Kaminski
Percaya diri itu bukan tentang melakukan hal yang biasa anda lakukan. Tetapi percaya diri justru muncul saat anda terus menerus menantang diri anda untuk melakukan hal yang anda takut untuk melakukannya.

Percaya diri muncul dari keberanian. Berani adalah tentang tidak mundur meskipun anda takut. Satu-satunya jalan untuk melampaui rasa takut adalah dengan menjalankannya. Sesuatu yang anda takut untuk lakukan, bila terus menerus anda lakukan maka hal itu akan menjadi zona nyaman anda.

5. Fokus memberikan kontribusi

Terlalu sering kita fokus dan sibuk dengan dunia kita sendiri. Saat kita fokus terus pada diri sendiri kita menjadi serakah dan tidak pernah cukup. Bila kita ubah fokus kita kepada orang lain dan tujuan, maka hasilnya akan berbeda.

Sibuk memberikan kontribusi akan meningkatkan kepercayaan diri secara luar biasa. Memberi itu membangkitkan kepercayaan diri. Memberi itu mudah sepanjang kita tulus dalam melakukannya.

Cara menumbuhkan rasa percaya diri yang termuat dalam 5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri ini bisa dipelajari dengan mempraktekkan hal-hal yang sudah disampaikan diatas. Semoga membantu dan menjadi solusi cara menumbuhkan percaya diri bagi yang membutuhkannya. Sampai jumpa.

5 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment