Tempat Belajar Public Speaking dan Leadership Online

Ciri-Ciri Gaya Kemimpininan yang Efektif

Orang sangat mudah mengenali apakah kepemimpinan seorang pemimpin itu termasuk kepemimpinan efektif. Menurut para ahli dikatakan bahwa kepemimpinan efektif memiliki ciri yang jelas yang menggambarkan sikap dan cara pandang seorang pemimpin.

Apabila anda hendak mengembangkan efektifitas kepemimpinan yang anda lakukan, maka anda bisa mulai mengenali ciri kepemimpinan efektif dan mulai berlatih untuk menerapkannya.

Dilihat dari ciri-ciri gaya kepemimpinan yang efektif, seorang pemimpin dikatakan mengemban kepemimpinan efektif jika :

1. Selalu Optimis

Pemimpin yang sukses selalu melihat masa depan sebagai tempat yang luar biasa yang menyediakan banyak kesempatan dan kemungkinan.

Meskipun mereka tahu bahwa tidak ada yang mudah tetapi mereka selalu melihat bahwa itu mungkin dan bisa dicapai. Optimisme ini akan bisa dirasakan dan menular pada team yang dipimpinnya melalui gaya kepemimpinannya.

Berada di dekat pemimpin yang selalu optimis akan membuat anda merasakan positif dan semangat. Optimisme ini bagaikan virus positif yang bisa cepat menular. Menjadilah pemimpin yang memiliki optimisme tinggi sebagaimana cahaya terang bagi team yang anda pimpin.

Ciri-Ciri Gaya Kemimpininan yang Efektif

2. Mimiliki Sikap Percaya Diri yang Tinggi

Pemimpin yang sukses tidak ragu apalagi bimbang dalam melangkah. Seorang dengan kepemimpinan efektif yakin dan percaya bahwa mereka bisa mencapai dan menyelesaikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Dapatkan tips cara efektif meningkatkan percaya diri klik disini

Pemimpin yang percaya dirinya tinggi akan menciptakan team yang percaya diri juga. Meskipun pemimpin seperti ini menemui lebih banyak tantangan tetapi sikap percaya dirinya telah menuntunya untuk lebih fokus pada jalan keluar daripada permasalahannya.

Percaya diri yang dimilikinya membuatnya tidak bisa dihentikan dan melihat permasalahan sebagai tantangan untuk dipecahkan. Semangat dan keyakinan, inilah yang menjadi sumber kekuatan bagi team disaat semua menjadi sulit dan kelihatan seakan tidak mungkin.

3. Memiliki Integritas Luar Biasa

Salah satu ciri menonjol yang pasti dimiliki pemimpin besar yang sukses adalah integritas. Integritas adalah tentang menetapkan sebuah standart nilai yang diterapkan dan pemimpin memegang teguh tanpa kompromi atas nilai tersebut.

Integritas adalah tentang melakukan apa yang dikatakan. Menjadi contoh atas kata-katanya sendiri, menghidupkan nilai dalam perilaku sehari-hari dan memegang komitmen penuh dalam menjalankan disetiap saatnya.

Ciri-Ciri Gaya Kemimpininan yang Efektif ini merupakan cerminan dari kepemimpinan efektif yang dimiliki seseorang. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki nilai luhur dalam kehidupannya. Bukan karena apa yang ingin orang lain lihat darinya, melainkan karena itu adalah prinsip hidup dan bagaimana dia menjalani hidupnya. Semoga bermanfaat!

Ciri-Ciri Gaya Kemimpininan yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment